Mengenal Lembaga Keuangan Bukan Bank Serta Contohnya!

Mengenal Lembaga Keuangan Bukan Bank Serta Contohnya!

Ketika berbicara mengenai lembaga keuangan, tentu banyak orang yang mengaitkannya dengan bank. Padahal, bukan hanya bank saja, ada juga bentuk lainnya seperti Lembaga Keuangan Bukan Bank.

Kira-kira apa itu Lembaga Keuangan Bukan Bank dan apa saja contohnya ya Kopers? Untuk mengetahuinya, yuk simak pemaparan lengkapnya di artikel berikut ini.

Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank

Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) adalah suatu lembaga yang bergerak dalam bidang keuangan. Tugas LKBB sendiri yaitu menghimpun dan menyalurkan dana ke masyarakat.

Namun, uang tersebut bukan berbentuk tabungan, deposito, maupun giro. LBKK hanya menerbitkan surat-surat berharga. Sementara untuk dananya akan tersalurkan ke masyarakat melalui layanan kredit dan investasi.

Meskipun bukan termasuk bank, Lembaga Keuangan Bukan Bank ini telah pemerintah resmikan melalui Surat Keputusan Menteri Keuangan RI No. KEP-38/MK/IV/1972.

Dengan demikian, Kopers tidak perlu khawatir lagi akan jaminan dari keamanan yang Lembaga Keuangan Bukan Bank tawarkan. Sebab, seluruh aktivitasnya telah dilindungi dan diakui secara hukum.

Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank

Diketahui, ada enam fungsi LKBB dalam pelaksanaan siklus perbankan negara. Ketahui penjelasannya di bawah ini!

1. Memberikan Bantuan Modal

Fungsi LKBB pertama adalah memberikan bantuan modal bagi para pelaku usaha. Nantinya, pihak LKBB akan menyediakan berbagai penawaran fasilitas kredit, baik jangka panjang ataupun pendek.

2. Menghimpun Dana Masyarakat

Fungsi kedua yaitu menghimpun dana masyarakat melalui obligasi, deposito, dan sebagainya. Dana tersebut kemudian akan didistribusikan ke berbagai sektor produktif, misalnya untuk unit bisnis kecil masyarakat.

3. Membantu Likuidasi Kas Bisnis

LKBB juga akan membantu likuidasi kas bisnis. Selain itu, lembaga ini kian memberikan kredit kepada para pelaku usaha menengah supaya kas perusahaan dapat terjaga.

4. Menjamin Risiko Finansial Masyarakat

Keempat ialah menjamin risiko finansial yang terjadi di masyarakat dengan memberikan pengawasan di sektor-sektor perbankan lainnya.

Melalui LKBB ini, masyarakat tidak perlu takut mengalami kejahatan, seperti penipuan, kebocoran data, dan lainnya.

5. Menjadi Perantara Transaksi

Hadirnya LKBB selanjutnya berfungsi untuk membantu perusahaan di Indonesia meraih modal dari luar maupun dalam negeri. Hal tersebut dikarenakan LKBB ini menjadi perantara transaksi antara pemilik modal dengan pelaku usaha.

6. Mendirikan Usaha Bidang Keuangan

Fungsi LKBB yang terakhir yakni untuk mendirikan usaha baru dalam bidang keuangan melalui persetujuan Menteri Keuangan.

Umumnya, usaha itu didirikan sebagai solusi dari permasalahan keuangan yang ada atau sekadar membantu masyarakat dalam hal finansial.

Contoh Lembaga Keuangan Bukan Bank

Setiap negara pasti memiliki LKBB, termasuk Indonesia. Kira-kira apa saja contoh LKBB yang ada di Indonesia ya Kopers? Cari tahu lebih lanjut berikut ini!

1. Asuransi

Contoh pertama dari LKBB yaitu asuransi. Asuransi sendiri adalah jasa perbankan yang menawarkan layanan penanggulangan risiko melalui premi dari para nasabahnya.

Perusahaan asuransi biasanya akan mengumpulkan dananya dari masyarakat melalui tagih premi pada setiap periode tertentu.

2. Leasing

Contoh selanjutnya ialah leasing. Leasing ini yaitu perusahaan yang memberikan layanan sewa guna melalui pembayaran kredit atau tunai pada transaksi barang tertentu saja.

Sehingga, nantinya para nasabah leasing akan membayarnya dengan cara mengangsur dalam periode yang telah disepakati sebelumnya.

3. Pasar Modal

Pasar modal juga termasuk LKBB. Melalui pasar modal, investor bisa menanamkan modalnya dalam jangka waktu yang panjang.

Beberapa produk investasi yang paling diminati di pasar modal terdiri dari saham, obligasi, reksa dana, surat utang, dan lain sebagainya.

4. Kreditur Pinjaman

Contoh LKBB berikutnya adalah kreditur pinjaman. Sesuai namanya, kreditur pinjaman akan memberikan layanan kredit bagi para pelaku usaha demi kepentingan bisnisnya.

Suku bunga dari kreditur pinjaman ini tergolong beragam dan akan diberikan sesuai dengan nominal yang nasabah ajukan.

5. Koperasi

Contoh LKBB yang paling populer di masyarakat salah satunya adalah koperasi. Sebagai badan keuangan yang berasas pada keanggotaannya, koperasi menghimpun dana anggotanya demi kesejahteraan bersama.

Nah, apabila Kopers ingin merasakan kesejahteraan menjadi anggota koperasi, yuk gabung di Koperasi Digital Propertree. Untuk info lebih lanjut, silahkan kunjungi websitenya di sini ya Kopers!

6. Pegadaian

Seperti yang kita ketahui, pegadaian akan memberikan layanan pinjaman dana dengan memberikan jaminan aset tertentu dari nasabahnya. Untuk besaran kreditnya sesuai nilai agunan yang dijadikan jaminan.

7. Perusahaan Dana Pensiun

Contoh terakhir yang termasuk Lembaga Keuangan Bukan Bank yaitu perusahaan dana pensiun. Perusahaan ini berdiri dalam mengelola dana pensiun tenaga kerja, entar bersifat profit maupun tidak.

Saat pekerja sudah memasuki masa pensiunnya, maka perusahaan tersebut akan memberikan tabungan yang sesuai dengan nilai tabungan nasabahnya selama masa kerjanya.

Itulah pembahasan seputar Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) yang setidaknya perlu Kopers ketahui untuk memperkaya pengetahuan kalian dalam hal keuangan.

Dapatkan artikel menarik lainnya tentang ekonomi, finansial, investasi, hingga edukasi menarik lainnya hanya di blog Koperasi Digital Propertree. Semoga bermanfaat!

Baca Selengkapnya: Peran Penting Lembaga Keuangan Mikro, Ternyata Ini Fungsinya

Penulis: Dhea Alvionita

You May Also Like

About the Author: PROPERTREE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *