Inilah 5 Tokoh Koperasi Indonesia yang Jarang Orang Ketahui

Inilah 5 Tokoh Koperasi Indonesia yang Jarang Orang Ketahui

Di Indonesia, jika mendengar kata koperasi tentu akan selalu teringat dengan Drs. Muhammad Hatta. Sebenarnya, bukan hanya ia saja yang menjadi tokoh koperasi Indonesia lho. Cari tahu selengkapnya dalam artikel ini ya Kopers!

Namun, sebelum itu simak terlebih dahulu sejarah dan tujuan dari koperasi itu sendiri yuk!

Sejarah Koperasi

Berdasar hasil riset yang Minkop lakukan, koperasi di Indonesia pertama kali didirikan pada tahun 1886 oleh seorang Patih Purwokerto bernama R. Aria Wiraatmadja.

Dalam Modul Ekonomi yang Kemendikbud Terbitkan, pertama kalinya koperasi menjalankan kegiatan simpan pinjam yang disebut Hulf Sparbank. Tujuannya yakni guna mencegah kaum ningrat meminjam uang dari lintah darat.

Koperasi Indonesia memiliki historis yang panjang, sebab gerakan nasional percaya bahwa kapitalisme tidak cocok dengan alam Indonesia. Sehingga Boedi Oetomo menyebut kapitalisme sebagai ‘suatu tanaman dari negeri asing’.

Lantaran masyarakat Indonesia suka tolong menolong, maka koperasi menganut prinsip tersebut. Jadi, koperasi sekaligus bisa mendidik toleransi serta tanggung jawab bersama.

Tujuan Koperasi

Adanya koperasi bukan demi meraih keuntungan, tetapi memenuhi berbagai kebutuhan bersama. Agar berjalan lancar, koperasi haruslah memiliki dua tiang penopang yaitu solidaritas dan individualitas.

Individualisme ini maksudnya orang-seorangan yang bertindak mencapai keperluan dalam hidupnya. Sedangkan solidaritas adalah sifat setiap orang yang menandakan kehalusan watak.

Dua hal tersebut tentunya harus menjadi dasar gerakan koperasi. Jika tidak ada kedua penopang itu, para anggota tidak bisa menemukan kepentingan bersama. Justru koperasi akan dijadikan alat demi kepentingan pribadi.

Kendati begitu, akhirnya kegiatan koperasi resmi dan diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 25 Tahun 1992. Di mana koperasi disebut-sebut sebagai badan usaha yang beranggotakan perseorangan atau badan hukum yang menjalankan kegiatan prinsip koperasi serta asas kekeluargaan.

Tokoh Koperasi Indonesia

Setelah mengetahui sejarah dan tujuan dari koperasi, mari kenali tokoh koperasi yang jarang orang ketahui. Tokoh-tokoh berjasa bagi perekonomian Indonesia itu meliputi:

1. Muhammad Hatta

Yang pertama, tak lain tak bukan yaitu Muhammad Hatta. Pria yang akrab disapa Bung Hatta ini bukan hanya dikenal sebagai salah seorang proklamator kemerdekaan Indonesia, tetapi sekaligus dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

Diketahui, ia berpartisipasi besar bagi perekonomian Indonesia tercinta ini. Salah satu peran terkenalnya adalah peletak dasar-dasar koperasi dan menjadi pelatih pendidikan kader koperasi.

Berkat kerja kerasnya, pada tanggal 17 Juli 1953 Muhammad Hatta akhirnya diangkat serta dijuluki sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

2. Agus Sudono

Tokoh berikutnya mungkin terdengar asing yakni Agus Sudono. Akan tetapi, bagi kalangan buruh, nama Agus sangat sering terdengar. Pasalnya, ia sudah memperhatikan para pekerja pabrik gula di lingkungan rumahnya.

Berdasarkan kebiasaannya tersebut, akhirnya ia merasa bahwa pekerja tersebut sebenarnya mampu menyejahterahkan dirinya. Hingga akhirnya, ia memutuskan untuk mendirikan organisasi bernama Induk Koperasi Karyawan (INKOPKAR).

3. Prof. Dr. Sri Edi Swasono

Tokoh ketiga adalah Prof. Dr. Sri Edi Swasono. Pria ini muncul dan banyak masyarakat kenali karena menjadi penggagas bahwa koperasi harus menjadi ‘soko guru bagi perekonomian Indonesia’ . Artinya, koperasi harus mampu menjadi tonggak bagi perekonomian Indonesia. 

4. Eddiwan

Tokoh berikutnya adalah Eddiwan. Pria ini terkenal karena berhasil mendirikan koperasi di awal kemerdekaan Indonesia.

Selain menjadi pendiri, beliau juga merupakan seorang pengembang koperasi dalam bisa perikanan dan penggagas Bank Umum Koperasi Indonesia (Bukopin).

5. Ir. Mohammad Iqbal

Tokoh terakhir muncul dan berkembang dari kalangan pemuda dan mahasiswa. Dia adalah Ir. Mohammad Iqbal, seorang penggagas koperasi sekunder di kalangan mahasiswa.

Koperasi tersebut dikenal dengan nama Koperasi Pemuda Indonesia (Kopindo) yang resmi direalisasikan pada tanggal 11 Juni 1981 silam.

Itulah beberapa tokoh koperasi Indonesia yang perlu Kopers ketahui. Sebagai generasi muda, sejatinya kita bisa memetik inspirasi atas rasa semangat para tokoh-tokoh di atas.

Demi mendukung keberlangsungan koperasi, kini Kopers bisa menjadi bagian dari anggota koperasi yang dikemas secara masa kini.

Nah, kalau Kopers ingin menjadi bagian dari anggota koperasi digital, yuk segera daftarkan diri Kopers sekarang juga di Koperasi Digital Propertree!

Baca Selengkapnya: Makna Lambang Koperasi Indonesia Lengkap Beserta Sejarahnya!

Penulis: Dhea Alvionita

You May Also Like

About the Author: PROPERTREE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *