Begini Cara Mengatur Keuangan di Excel yang Ternyata Mudah!

Begini Cara Mengatur Keuangan di Excel yang Ternyata Mudah!

Salah satu kunci finansial yang sukses adalah mengatur keuangan sebaik mungkin. Nah, supaya Kopers bisa meminimalisir terjadinya kesalahan, coba deh gunakan cara mengatur keuangan di Excel.

Mengatur keuangan di Excel sering kali banyak orang pilih karena dianggap lebih terorganisir. Sehingga, tak heran jika banyak yang memanfaatkan Excel ini untuk berbagai macam keperluan terkait keuangan.

Akan tetapi, Excel juga seringkali dinilai ‘sulit’ karena di dalamnya memerlukan berbagai deretan rumus. Lantas, bagaimana cara mengatur keuangan di Excel? Mari kupas selengkapnya di artikel Koperasi Digital Propertree!

Apa Itu Excel?

Diketahui, Microsoft Excel atau yang familiar disebut Excel adalah salah satu program komputer yang digunakan khusus untuk mengolah angka.

Pengelolaan angka ini meliputi rumus matematika sederhana, pembuatan grafik, hingga pengelolaan data statistik.

Berbicara mengenai keuangan, Excel adalah satu-satunya alat yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Lantaran memiliki fitur dan rumus, program ini dapat memudahkan siapa saja dalam mengkalkulasi keuangan.

Sebagai contoh, Kopers bisa menggunakan Excel untuk mengatur keuangan selama sebulan, rata-rata pengeluaran per hari, mencatat pemasukan hingga pengeluaran harian dalam tabel yang rapi.

Rumus Excel

Supaya tidak membingungkan Kopers, kenali rumus-rumus yang ada di Excel yuk! Begini pemaparannya!

1. Rumus Excel untuk Penjumlahan

Di Excel, rumus penjumlahan sebenarnya cukup mudah. Sebab, Kopers hanya memerlukan rumus SUM.

Misalnya, bisnis yang Kopers kelola memiliki daftar pemasukan harian selama satu minggu. Adapun caranya seperti:

Rumus Excel untuk Penjumlahan

  • Catat semua pemasukan harian di kolom A, mulai A1 sampai A7 karena seminggu totalnya ada 7.
  • Kemudian, di cell A8, Kopers bisa ketik rumus “=SUM(A1:A7)” lalu tekan enter.
  • Setelah itu, jumlah pemasukan selama satu minggu secara otomatis bisa langsung muncul.

2. Rumus Excel untuk Pengurangan

Selain itu, Kopers juga bisa menghitung pengeluaran di Excel. Apabila Kopers hendak mengurangi pengeluaran dari total pemasukan di saldo, ikuti caranya berikut:

Rumus Excel untuk Pengurangan

  • Kalau Kopers mencatat pemasukan di cell B2 dan pengeluaran di cell C2. Maka tulis rumus pengurangan di cell D2.
  • Lalu masukkan rumus “=B2-C2” dan tekan enter.
  • Selanjutnya hasil pengeluaran akan muncul.

3. Rumus Excel untuk Menghitung Rata-Rata (Average)

Rumus berikut yaitu untuk menghitung rata-rata dari sejumlah data. Dalam Excel, Kopers bisa memasukkan rumus AVERAGE untuk menghitung jumlah rata-rata.

Misalnya, pada saat menghitung rata-rata pemasukan selama seminggu, yaitu:

Rumus Excel untuk Menghitung Rata-Rata (Average)

  • Jika Kopers sudah memiliki daftar pemasukan harian di cell A (A1 sampai A7), klik cell A9.
  • Pada cell tersebut, ketika rumus rata-rata “=AVERAGE(A1:A7)”.
  • Terakhir, tekan enter.

Cara Mengatur Keuangan di Excel

Mengatur keuangan bisa Kopers pahami sebagai proses mengelola keuangan individu demi mencapai kepuasan ekonomi dan keamanan finansial di masa depan yang lebih terjamin.

Mengatur keuangan memang tidak bisa menjadikan Kopers kaya raya. Setidaknya langkah ini bisa menjadi kebiasaan yang baik dalam pengambilan keputusan finansial.

Kendati begitu, Kopers bisa mengarahkan pengeluaran untuk pos-pos yang penting saja. Penasaran bagaimana cara mengatur keuangan di Excel? Cari tahu selengkapnya di bawah ini.

  1. Tentukan terlebih dahulu apa saja yang akan Kopers catat. Contohnya, saldo, pemasukan, dan pengeluaran.
  2. Lalu, buat tabel sesuai kolom-kolom yang sudah disebutkan di atas.
  3. Kopers bisa langsung memasukkan setiap transaksi yang terjadi. Misalnya, ketika ada pemasukan, masukkan jumlahnya di kolom pemasukan.
  4. Setelah itu, Kopers juga bisa menggunakan tiga rumus di atas dalam menghitung keuangan di Excel.
  5. Terakhir, Kopers bisa membuat grafik dari data yang telah Kopers masukkan sebelumnya. Sehingga, hal ini bisa membantu Kopers dalam melihat tren atau pola tertentu yang tengah terjadi.

Kurang lebih seperti itulah cara mengatur keuangan di Excel yang ternyata sangat mudah diikuti. Jadi, sudah nggak bingung lagikan menggunakan program komputer yang satu itu?

Apabila Kopers tertarik dengan tips dan informasi seputar keuangan, bisnis, dan edukasi lainnya, kunjungi laman resmi Koperasi Digital Propertree untuk dapatkan artikel updatenya.

Kabar gembiranya, Kopers bisa membaca artikel secara gratis lho. Nggak perlu mikir lagi, segera kunjungi Koperasi Digital Propertree sekarang juga!

Baca Selengkapnya: Ini 7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 3 Juta

Penulis: Dhea Alvionita

You May Also Like

About the Author: PROPERTREE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *