Karakteristik Wirausaha: 11 Tips Sukses Merintis Bisnis

11 Karakteristik Wirausaha: Tips Sukses Merintis Bisnis

Semakin berkembangnya zaman, masyarakat menganggap bahwa kesuksesan bisa didapat dengan lebih mudah dan cepat. Padahal, siapapun yang ingin sukses, tentu tak bisa lepas dari kualitas diri yang berbeda dan menonjol daripada orang lain.

Sama halnya ketika seseorang memutuskan untuk menjadi wirausahawan. Kualitas diri yang terpancar dari karakternya sebagai individu, akan mempengaruhi bagaimana ia menjalankan bisnis hingga akhirnya bisa mencapai kesuksesan yang diinginkan.

Maka dari itu, yuk pahami pembahasan Koperasi Digital Propertree di bawah ini mengenai pengertian wirausaha, karakteristik, serta manfaatnya bagi kesuksesan bisnis.

Pengertian Wirausaha

Sebelum mengetahui karakteristiknya, tak afdol kalau belum mengetahui arti wirausaha itu sendiri. Dalam bahasa Indonesia, wirausaha adalah istilah yang terdiri dari dua kata, yaitu ‘wira’ dan ‘usaha’.

‘Wira’ artinya merujuk pada keberanian atau berani. Umumnya, kata ‘wira’ sering digunakan dalam dunia militer. Akan tetapi, dalam konteksnya ‘wira’ menunjukkan sifat yang berani mengambil risiko, inisiatif, dan mampu bergerak maju.

Sedangkan ‘usaha’ berkaitan kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi, dapat disimpulkan bahwa wirausaha adalah seorang yang berani mengambil risiko untuk mencapai maksud dan tujuan tertentu.

Sehingga, dalam perjalanannya istilah wirausaha berubah menjadi kewirausahaan atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai entrepreneurship.

Karakteristik Wirausaha Sukses

Berdasarkan hasil penelusuran Minkop dari berbagai sumber terpercaya, ada 11 karakteristik wirausaha sukses. Simak pemaparannya di bawah ini.

1. Mempunyai Komitmen yang Tinggi

Karakter pertama yaitu mempunyai komitmen yang tinggi karena semua tindakan maupun perkataan nantinya akan dipertanggungjawabkan.

Adanya komitmen yang tinggi, maka kepercayaan perlahan mulai tumbuh terhadap diri sendiri ataupun perusahaan.

2. Disiplin

Dengan disiplin, seseorang akan bersikeras untuk melakukan semua hal terkait bisnis. Disiplin sendiri artinya teratur dalam menjalankan usaha demi mencapai suatu tujuan.

3. Percaya Diri

Sebagai bentuk awal memulai usaha, percaya diri sangat diperlukan. Selain Kopers percaya pada kemampuan diri sendiri, kamu juga akan siap menghadapi berbagai rintangan yang terjadi kedepannya.

4. Tidak Mudah Menyerah

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa mengembangkan suatu bisnis bukanlah perkara yang mulus. Untuk itu, seorang wirausaha perlu memiliki sikap pantang menyerah.

Saat gagal, seorang wirausaha tidak boleh berhenti begitu saja. Akan tetapi, justru kegagalan harus bisa menjadi motivasi ke depan supaya dapat meminimalisir atau bahkan menghindari kesalahan yang sama di kemudian hari.

5. Kreatif

Karakter berikutnya yaitu kreatif. Di mana wirausaha harus memiliki kreativitas tanpa batas untuk menciptakan ide usaha atau produk agar menarik perhatian pelanggan.

6. Berani Mengambil Risiko

Sesuai namanya, wirausaha harus berani mengambil risiko dari setiap keputusan yang dibuatnya. Berani mengambil risiko ini maksudnya saat bisnisnya mengalami kerugian hingga produknya tak laku terjual.

Nah, dari adanya permasalahan tersebut, kedepannya wirausahawan akan mudah mengatasinya karena sudah mempunyai solusi agar kejadian tersebut tidak terulang lagi.

7. Jujur

Modal awal menjalankan bisnis yaitu kejujuran. Meskipun terlihat mudah, nyatanya tidak semua orang bisa jujur.

Pasalnya dengan kejujuran, seseorang akan merasakan adanya kepercayaan dan kenyamanan.

8. Ingin Bekerja Keras

Karakter selanjutnya yakni keinginan bekerja keras. Wirausaha tentunya akan dihadapi oleh berbagai persaingan. Sehingga mereka harus memiliki keinginan bekerja keras agar mampu bersaing di pasar yang kompetitif.

9. Dapat Bekerja Sama dengan Orang Lain

Wirausaha harus bisa bekerja sama dengan orang lain. Sebagai makhluk sosial yang tak bisa hidup sendiri, manusia pasti membutuhkan orang lain. Jadi, usahakan kamu dapat membangun hubungan yang baik sesama manusia.

10. Mandiri dan Realistis

Setiap orang pasti mau dong usahanya berkembang pesat? Maka dari itu, kamu harus memiliki karakter mandiri dan realistis.

Apalagi dalam hal ini kamu harus mampu mengambil keputusan yang realistis dengan cepat tanpa pengaruh dari orang lain.

11. Berorientasi Pada Masa Depan

Karakteristik terakhir menunjukkan bahwa kamu harus fokus pada tujuan di masa depan. Sebagai seorang visioner, tentunya kamu akan berkomitmen untuk mencapainya sebaik mungkin.

Manfaat Karakteristik Wirausaha

Setelah mengetahui karakter wirausaha sukses, berikut merupakan manfaat yang akan Kopers rasakan jika menanamkan 11 karakter tersebut, diantaranya seperti:

  • Mempunyai keterampilan dalam menentukan keputusan dengan melihat dan menganalisa setiap pilihan yang ada. Kemudian menimbangnya, setelah itu baru menentukan alternatif solusi apa jika terjadi masalah.
  • Menumbuhkan keahlian untuk memimpin bisnis seiring berkembangnya keterampilan dalam bidang kepemimpinan.
  • Mampu menciptakan inovasi produk maupun pelayanan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kira-kira seperti itulah pembahasan mengenai karakteristik kewirausahaan. Semoga artikel Koperasi Digital Propertree ini dapat membantu Kopers dalam merintis bisnis ya!

Jika Kopers ingin membaca artikel menarik lainnya seputar bisnis, finansial, hingga investasi menarik lainnya, segera kunjungi blog Koperasi Digital Propertree.

Baca Selengkapnya: Wirausaha Adalah: Karakteristik, Kelebihan, dan Contohnya!

Penulis: Dhea Alvionita

You May Also Like

About the Author: PROPERTREE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *