Ciri-Ciri Wirausaha Sukses yang Wajib Pebisnis Miliki

Ciri-Ciri Wirausaha Sukses yang Wajib Pebisnis Miliki

Apabila bisnis yang hendak digeluti sukses, maka Kopers harus mengetahui beberapa ciri-ciri wirausaha agar lebih siap. Penasaran apa saja cirinya? Yuk simak pembahasannya di artikel Koperasi Digital Propertree berikut!

Wirausaha sendiri memegang peran penting bagi pertumbuhan ekonomi karena dapat melahirkan teknologi, produk, hingga berbagai layanan yang inovatif

Lantas, apa sih maksud dari wirausaha itu? Cek selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Wirausaha

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), wirausaha adalah orang yang berbakat atau pandai untuk mengenali produk-produk baru, menentukan, menyusun operasi pengadaan produk baru, memasarkan, dan mengatur permodalan operasinya.

Kegiatan wirausaha tersebut nantinya dapat memberi nilai tambah untuk produk atau jasa melalui kreativitas, transformasi, inovasi, dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

Ciri-Ciri Wirausaha

Terdapat 10 ciri wirausaha untuk menjadi pebisnis yang sukses, diantaranya seperti:

1. Mempunyai Jiwa Kepemimpinan

Tentunya seorang wirausaha harus memiliki jika kepemimpinan yang baik. Hal ini dibutuhkan agar seseorang dapat bertanggung jawab untuk memimpin karyawan dan semua orang yang terlibat dalam bisnis.

2. Berani Mengambil Risiko

Wirausaha yang sukses harus berani mengambil risiko. Seperti yang kita ketahui, setiap bisnis pasti memiliki berbagai risiko, mulai dari kegagalan, kerugian, penipuan, dan kemungkinan buruk lainnya.

Oleh karena itu, risiko tersebut harus diambil secara hati-hati dan tidak boleh gegabah demi kemajuan bisnis.

3. Memiliki Semangat yang Tinggi

Ciri ketiga yaitu seorang wirausaha pasti memiliki semangat yang tinggi untuk mengembangkan bisnisnya agar lebih maju lagi.

4. Mempunyai Keberanian dan Daya Kreasi

Biasanya, seorang wirausaha mempunyai keberanian yang tinggi dalam merencanakan serta mengembangkan ide yang ia buat. Kemudian, ide tersebut ia gabungkan dengan berbagai kreasi.

5. Memiliki Analisis yang Tepat

Ciri wirausaha berikutnya adalah memiliki analisis yang tepat. Tujuannya agar produk atau jasa yang bisnisnya tawarkan tersebut dapat menjangkau masyarakat dengan tepat sasaran dan lebih optimal.

6. Berorientasi Tinggi Pada Masa Depan

Selanjutnya, wirausaha juga akan berorientasi tinggi pada masa depan atau jangka panjang melalui inovasi-inovasi dan kreasi yang dapat terimplementasikan.

7. Tidak Konsumtif

Agar kondisi keuangan bisnis stabil dan dapat digunakan untuk berbagai inovasi bisnis selanjutnya, biasanya seorang wirausaha tidak menggunakan uangnya secara konsumtif.

8. Memiliki Sifat Ulet

Seorang wirausaha sukses pasti tak luput dari sifat keuletan. Sebab, bisnis yang ia jalani belum tentu berjalan secara mulus. Pastinya, akan banyak tantangan sebagai penghambat menuju kesuksesan. Untuk itu, keuletan diperlukan untuk menghadapi berbagai kesulitan yang datang.

9. Memiliki Keyakinan yang Tinggi

Selain itu, penting juga bagi wirausaha untuk memiliki keyakinan yang tinggi atau percaya diri. Dengan keyakinan tersebut, Kopers dapat mewujudkan semua tujuan bisnis dengan motivasi yang tinggi.

10. Mempunyai Pikiran Positif

Ciri terakhir untuk menjadi pebisnis sukses Kopers harus mempunyai pikiran yang positif. Hal ini karena pebisnis akan dituntut untuk mengambil keputusan terhadap banyak orang.

Sehingga dengan pikiran yang positif ini, seorang wirausaha bisa lebih mudah mendapat solusi dari setiap masalah yang ada dan meminimalisir terjadinya kesalahan. Di sisi lain, pikiran positif ini juga dapat mempengaruhi pegawainya supaya lebih positif dalam bekerja.

Itulah berbagai penjelasan seputar wirausaha sukses yang wajib pebisnis ketahui, mulai dari pengertian hingga ciri-ciri wirausaha. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan Kopers.

Teruntuk Kopers yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait bisnis, finansial, hingga edukasi menarik lainnya, yuk kunjungi blog Koperasi Digital Propertree sekarang juga.

Di Koperasi Digital Propertree tentunya Kopers akan menemukan berbagai artikel terupdate dan eksklusif. Cek di sini ya!

Baca Selengkapnya: Karakteristik Wirausaha: 11 Tips Sukses Merintis Bisnis

Penulis: Dhea Alvionita

You May Also Like

About the Author: PROPERTREE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *