Inilah 8 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil, Untungnya Besar!

Inilah 8 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil, Untungnya Besar!

Modal usaha yang besar seringkali menjadi alasan untuk seseorang batal mencoba merintis bisnis. Padahal, memulai usaha tidak mewajibkan demikian. Banyak ide-ide usaha sampingan modal kecil untung besar yang bisa Kopers coba. Apa saja? Simak rekomendasinya di bawah ini!

Bagaimana Usaha Sampingan Modal Kecil Menjadi Penghasilan Tambahan?

Sebelum membahas tentang ide-ide usaha, pahami terlebih dahulu tentang konsep bisnis sebagai sumber penghasilan tambahan. Bukankah dengan mengeluarkan uang sebagai modal usaha justru mengurangi pemasukan yang dimiliki? Pertanyaan semacam ini sering terlintas, khususnya di benak pemula.

Mulanya memang begitu, namun uang modal tersebut akan berputar dalam bisnis hingga menghasilkan laba alias keuntungan. Laba tersebut yang nantinya akan menjadi pemasukan tambahan. Semakin sukses usaha, maka semakin besar pula penghasilan sampingan yang diperoleh.

8 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil Untung Besar

Namun, apakah mungkin usaha yang dimulai dengan dana minim bisa menghasilkan keuntungan maksimal? Mungkin, terlebih jika bisnis tersebut sukses menggaet ramai konsumen dan skala usahanya terus berkembang. Inilah 8 ide usaha sampingan yang dapat Kopers lakukan tanpa meninggalkan profesi utama!

1. Bisnis Jasa Penerjemah

Bila Kopers menguasai bahasa lain? Mungkin bisa menjadikannya sebagai pilihan usaha sampingan modal kecil. Berbekal keterampilan berbahasa asing, maka Kopers bisa menawarkan jasa tersebut di berbagai platform job seeker, sosial media, maupun marketplace. Menariknya, pekerjaan ini bisa dibayar hingga jutaan rupiah untuk sekali proyek.

2. Penyewaan Kamar Kosong

Jika di rumah ada kamar kosong yang tidak terpakai, ubah menjadi ladang penghasilan tambahan, dengan menyewakannya. Caranya, hanya perlu memasang iklan di sosial media atau bergabung sebagai tenant di marketplace BnB. Umumnya, satu kamar bisa menghasilkan ratusan ribu per bulan lho.

3. Bimbingan Belajar 

Ide usaha sampingan modal kecil untung besar berikutnya ini memanfaatkan ijazah yang Kopers miliki, yaitu dengan membuka usaha bimbingan belajar. Tidak perlu membuka tempat les besar, Kopers bisa membuka layanan bimbingan privat dengan datang ke rumah peserta les.

4. Berjualan Kue Basah

Kalau mempunyai hobi membuat kue, maka manfaatkan hal tersebut menjadi sumber penghasilan sampingan. MIsalnya dengan mulai berjualan kue basah seperti lemper, nagasari, pastel, dan lain-lain. Tidak perlu menjualnya sendiri, Kopers juga bisa menitipkan ke pedagang keliling atau warung.

5. Bisnis Penulis Lepas

Masih seputar hobi dan keterampilan yang bisa menjadi ide usaha sampingan modal kecil, yaitu dengan membuka jasa penulis lepas. Baik membuat caption untuk jejaring sosial, artikel, hingga menjadi ghostwriter novel. Dengan melakukan pekerjaan ini, Kopers bisa berpenghasilan hingga puluhan juta, hanya dengan bermodalkan kuota data dan gawai.

6. Dropshipper

Dropshipper juga menjadi bisnis yang menjanjikan keuntungan besar, dengan modal yang kecil. Apa modal yang dimaksud? Perangkat pintar dan jaringan internet yang stabil. Kemudian, Kopers hanya perlu mencari pemasok penyedia produk jualan, mempromosikannya di internet, lalu memasukkan orderan pembeli untuk supplier proses.

7. Makelar

Bagi Kopers yang memiliki kemampuan bernegosiasi bagus, mungkin bisnis sebagai makelar cocok untuk ditekuni. Caranya, yakni dengan menawarkan tanah, properti, maupun kendaraan yang biasanya dapat menghasilkan pendapatan dengan pembagian keuntungan 5–10% dari total transaksi.

8. Jual Jepretan Foto di Internet

Ide yang tidak kalah brilian adalah menjual hasil jepretan foto ke internet. Pasalnya, banyak situs-situs penerima karya seni, termasuk hasil foto pribadi dengan estetika dan nilai tinggi. Jadi, Kopers hanya perlu mengeluarkan bakat memotret, kemudian menjualnya di situs-situs fotografi global.

Semangat Memulai Bisnis Sampingan Menjanjikan!

Serangkaian ide usaha sampingan modal kecil di atas, mulai dari bisnis jasa penerjemah hingga menjuat jepretan foto di internet, tidak serumit maupun sesulit yang Kopers bayangkan sebelumnya, bukan? 

Faktanya, dengan memanfaatkan keterampilan pribadi saja, dapat menjadi suatu bisnis dengan margin keuntungan menjanjikan serta berpotensi tahan lama.

Selain keterbatasan modal usaha, jika hendak merintis bisnis, Kopers perlu mempersiapkan mental sebaik mungkin agar tidak pantang menyerah. Bagaimanapun juga, suatu usaha pasti akan mengalami pasang surut. Jika tidak bersiap untuk hal itu, maka bisnis akan sulit bertahan. Selamat mencoba!

Baca Selengkapnya: Pengajuan Bantuan Modal Usaha, Syarat dan Daftarnya Mudah!

You May Also Like

About the Author: PROPERTREE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *