7 Tips Menabung Harian di Rumah yang Wajib Pemula Terapkan

7 Tips Menabung Harian di Rumah yang Wajib Pemula Terapkan

Di dunia ini, masih banyak orang yang menunda untuk menabung. Apalagi, menabung bukanlah suatu perkara yang mudah. Jika Kopers mengalami hal yang serupa, coba deh terapkan tips menabung harian ini di rumah.

Pasalnya, menabung adalah kegiatan menyisihkan sebagian pendapatan yang nantinya bisa Kopers gunakan di masa depan. Selain itu, menabung juga bisa membantu Kopers dalam mencapai tujuan keuangan.

Sebagai wujud membantu Kopers dalam mencapai target yang telah ditentukan, mari ikuti tips menabung di rumah yang wajib pemula ketahui. Penasaran? Simak di artikel ini ya!

Tips Menabung Harian

Berdasarkan hasil riset yang telah Minkop lakukan melalui berbagai sumber, setidaknya ada tujuh tips ampuh menabung harian di rumah. Ketahui tips lengkapnya di bawah ini.

1. Menentukan Target Menabung

Sebelum memutuskan untuk menabung, tips pertama yang perlu Kopers lakukan adalah menentukan terlebih dahulu apa target atau tujuannya.

Apabila Kopers telah memiliki tujuan yang jelas, kedepannya Kopers akan lebih termotivasi untuk menabung setiap harinya.

Jika sudah mengetahui targetnya, kemudian Kopers bisa mulai menyisihkan uang untuk ditabung secara rutin.

2. Tetapkan Besaran Uang yang akan Ditabung

Tips kedua yaitu menetapkan besaran uang yang akan Kopers tabung agar lebih konsisten. Sebab, konsisten adalah hal yang sangat penting ditanamkan agar menjadi kebiasaan.

Misalnya, uang yang Kopers tetapkan untuk menabung harian adalah Rp5.000. Jadi, Kopers harus mengumpulkan uang Rp5.000 setiap harinya untuk ditabung di rumah.

3. Menabung dengan Cara Manual

Tips ampuh berikutnya adalah menabung dengan cara manual. Manual di sini artinya secara tunai yang dikumpulkan sedikit demi sedikit di rumah menggunakan celengan.

Kalau Kopers ada uang lebih, tabunglah ke dalam celengan. Usahakan Kopers mengisi tabung setiap harinya dari sisa pengeluaran per hari. Kendati begitu, tidak terasa berat bukan?

4. Kumpulkan Jenis Mata Uang Menjadi Satu

Salah satu tips yang wajib pemula ketahui selanjutnya yaitu mengumpulkan jenis mata uang menjadi satu.

Contohnya Kopers mengumpulkan uang Rp50.000. Sehingga, ketika Kopers berbelanja dan mendapat kembalian dengan pecahan uang Rp50.000 an, jangan lupa untuk ditabung.

5. Simpan Uang Kembalian

Tips menabung harian yang tidak kalah penting adalah menyimpan uang kembalian. Meskipun terlihat sepele, jika dikumpulkan uang kembalian akan bertambah banyak seiring berjalannya waktu.

Nah, kalau Kopers sadar akan hal sederhana seperti ini, kedepannya tujuan keuangan Kopers bisa makin dekat lho.

6. Pisahkan Rekening Tabungan

Tips lainnya yakni memisahkan rekening tabungan. Dalam hal ini, Kopers bisa memindahkan uang tabungan ke dalam rekening yang terpisah.

Tujuannya semata-mata untuk menghindari kemungkinan Kopers dalam menggunakan uang tabungan. Selain itu, Kopers juga bisa mengatur batas penarikan uang di ATM.

Kendati begitu, uang tabungan Kopers akan tersimpan dengan aman. Sebab, hanya bisa Kopers gunakan untuk tujuan yang telah ditetapkan di awal.

7. Biasakan Disiplin

Tips menabung harian yang terakhir adalah membiasakan disiplin demi terciptanya kondisi finansial yang baik.

Pasalnya, disiplin adalah salah satu kunci keberhasilan menabung. Jadi, usahakan Kopers selalu konsisten menabung setiap harinya, walaupun dalam nominal yang kecil sekalipun.

Berkat kedisiplinan yang kuat, nantinya tujuan keuangan Kopers juga lebih cepat tercapai.

Sudah Tahu Apa Saja Tips menabung Harian?

Setelah mengetahui berbagai tips di atas, pastinya Kopers khususnya pemula tidak akan kebingungan lagi untuk menabung harian, bukan?

Menabung sendiri memang bukanlah hal yang mudah. Itulah sebabnya mengapa Kopers perlu dibimbing sedini mungkin.

Dengan menentukan target, menetapkan besaran uang, mengumpulkan jenis mata uang yang sejenis, dan masih banyak lagi, Kopers bisa merasakan manfaat menabung di masa depan.

Sekian informasi dari Koperasi Digital Propertree mengenai tips menabung harian di rumah bagi pemula.

Di Koperasi Digital Propertree, Kopers bisa mendapatkan beragam artikel seputar keuangan, investasi, bisnis, dan edukasi menarik lainnya lho. Segera kunjungi blognya sekarang juga!

Baca Selengkapnya: 10 Cara Menabung di Rumah yang Efektif, Dijamin Anti Ribet!

Penulis: Dhea Alvionita

You May Also Like

About the Author: PROPERTREE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *