Ini 7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 3 Juta

Ini 7 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 3 Juta

Kira-kira gaji dengan 3 juta cukup nggak ya untuk satu bulan? Cukup dong! Asal bisa Kopers kelola sebaik mungkin. Ingin tahu cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta? Yuk simak dalam artikel ini.

Meskipun dengan nominal terbatas, Kopers harus bisa mengaturnya secara efektif agar kebutuhan sehari-hari tercukupi selama satu bulan.

Manfaat Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Setiap rumah tangga tentu memiliki tantangannya masing-masing, termasuk dalam mengelola keuangan. Untuk itu, ketahui manfaat mengatur keuangan berikut ini yuk, Kopers!

1. Terjaminnya Kondisi Keuangan di Masa Depan

Membangun bahtera rumah tangga adalah tentang  dua insan yang menjadi satu. Jadi, kebutuhan hidup pun setelah disatukan, tentunya akan menjadi kian bertambah. Hal ini dapat menimbulkan kekhawatiran jika memiliki pendapatan kecil.

Sehingga, Kopers harus paham bagaimana cara menentukan budget yang benar untuk mengalokasikan seluruh dana sesuai kebutuhan.

2. Menghindari Utang

Sebagian orang masih menganggap bahwa utang adalah solusi untuk mengatasi seluruh masalah keuangan. Padahal, utang bisa memunculkan suatu masalah baru, seperti sulit membayarnya hingga dikejar oleh debt collector.

Maka dari itu, Kopers harus mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta dengan baik agar tidak terlilit utang.

3. Hubungan Pernikahan Menjadi Harmonis

Dalam rumah tangga, finansial sangat penting diperhatikan. Jika tak mengaturnya, maka akan menimbulkan pertengkaran.

Oleh sebab itu, penting bagi Kopers untuk mengatur keuangan sebaik mungkin supaya hubungan pernikahan menjadi harmonis.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 3 Juta

Penasaran apa saja cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta? Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Tetapkan tujuan keuangan

Cara pertama yaitu menentukan apa saja tujuan keuangan yang hendak Kopers capai di masa depan. Dalam hal ini, Kopers bisa menentukannya dalam jangka pendek, menengah, hingga panjang sesuai kebutuhan.

2. Buat anggaran keuangan

Salah satu tips mengatur keuangan rumah tangga yang terpenting adalah membuat anggaran keuangan sedetail-detailnya dari pemasukan dan pengeluaran.

Kopers bisa buat anggaran keuangan melalui metode berikut:

  • 65%: alokasikan kepada kebutuhan pokok, seperti makanan, listrik, internet, kebutuhan bulanan, dan sebagainya.
  • 10%: alokasikan ke tabungan dan investasi.
  • 10%: alokasikan ke dana darurat.
  • 10%: alokasikan ke hiburan.
  • 5%: alokasikan untung berbuat kebaikan atau sedekah.

3. Sisihkan uang untuk investasi

Keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta juga bisa Kopers atur untuk berinvestasi. Pasalnya, investasi dapat membantu Kopers dalam meraih passive income.

Ada banyak instrumen investasi yang dapat Kopers coba dengan modal kecil, seperti saham, reksa dana, emas, dan lain sebagainya.

4. Manfaatkan promo

Cara berikutnya untuk mengatur keuangan supaya tidak boros yakni dengan memanfaatkan promo. Biasanya, beberapa toko akan mengadakan promo pada tanggal-tanggal tertentu. Sehingga, Kopers bisa memanfaatkannya untuk berbelanja.

5. Membuat rekening terpisah

Membuat rekening terpisah juga dapat mempermudah Kopers dalam mengatur keuangan dengan gaji 3 juta.

Nantinya, Kopers bisa membagi keuangan ke beberapa bagian. Misalnya untuk kebutuhan sehari-hari, investasi, hingga hiburan. Tujuannya supaya pengeluaran tidak tercampur aduk dan tidak menimbulkan kekeliruan.

6. Usahakan jangan berutang

Supaya berhasil mengatur keuangan dengan gaji 3 juta, maka Kopers harus meminimalisir berutang. Terlebih jika Kopers berutang hanya untuk memenuhi keinginan saja.

Sebetulnya, berutang boleh saja asalkan memang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak. Kalau tidak perlu, alangkah baiknya hindari saja utang.

7. Ubah mindset

Terakhir, ubar mindset dan bangun kepercayaan dengan pasangan. Mindset ini maksudnya perilaku membatasi diri untuk mengeluarkan uang.

Dengan batasan tersebut, Kopers lama-lama akan terbiasa untuk berhemat dan membatasi berbagai pengeluaran yang tidak perlu.

Bagaimana, mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta ternyata masih bisa kan? Jikalau saat ini Kopers berada di posisi ini, jangan putus asa dan tetap terus semangat mencari cuan demi masa depan yang cerah!

Temukan informasi menarik seputar dunia keuangan lainnya di blog Koperasi Digital Propertree. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kopers!

Baca Selengkap: 4 Rumus Mengatur Keuangan yang Bikin Tanggal ‘Tua’ Aman!

Penulis: Dhea Alvionita

You May Also Like

About the Author: PROPERTREE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *