UKM Adalah: Peran, Contoh, dan Perkembangannya di Indonesia

UKM Adalah: Peran, Contoh, dan Perkembangannya di Indonesia

Seperti yang Kopers ketahui, UKM adalah sektor bisnis skala menengah ke bawah yang memiliki peran cukup besar dalam menopang perekonomian di Indonesia. Nah, artikel ini akan mengajak Kopers untuk mengetahui peran UKM, contoh, hingga perkembangannya di Indonesia.

Apa Itu UKM?

UKM adalah singkatan dari Usaha Kecil Menengah. Sedangkan pengertiannya, UKM adalah usaha yang dilakukan oleh individu, rumah tangga, badan usaha skala kecil, hingga suatu kelompok tertentu.

Indonesia yang merupakan negara berkembang menjadikan bisnis ini sebagai pondasi utama untuk mendorong sektor perekonomian yang lebih baik. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat agar bisa lebih mandiri dan mempunyai keadaan ekonomi stabil.

Apa Peran UKM dalam Perekonomian Indonesia?

Meskipun UKM adalah singkatan dari usaha Kecil dan Menengah, akan tetapi perannya untuk Indonesia sangat besar. Berikut 3 peran utamanya, yaitu:

1. Penyedia Sarana Pemerataan Tingkat Ekonomi Rakyat Kecil

Peran pertama UKM adalah menjadi penyedia sarana untuk memeratakan tingkat perekonomian rakyat kecil. Sebab, bisnis ini bisa dengan mudah menjangkau berbagai pelosok daerah. Dengan demikian, UKM dapat membantu menaikkan kualitas ekonomi masyarakat, terutama di lingkup pedesaan.

2. Mengatasi Masalah Kemiskinan

Bukan perkara yang mudah bagi Indonesia dalam menyelesaikan masalah kemiskinan. Sektor perekonomian yang naik turun membuat negara kita cukup kewalahan untuk menanganinya.

Maka dari itu, bisnis ini menjadi salah satu jembatan yang paling memungkinkan untuk memperkecil lingkup kemiskinan. Meskipun tidak sebesar perusahaan skala nasional, bisnis ini cukup mumpuni dalam menyerap tenaga kerja.

3. Memperluas Kesempatan Kerja

Peran ketiga UKM adalah memperluas kesempatan kerja. Biasanya, usaha ini tidak terlalu mementingkan kualitas pendidikan dari pelamar kerja. Kondisi inilah yang dibutuhkan oleh masyarakat kelas menengah ke bawah.

Tidak adanya tantangan dalam melamar pekerjaan, mampu memberikan kesempatan yang lebih besar bagi masyarakat untuk memiliki pekerjaan.

Apalagi, dewasa ini usaha mikro tidak hanya memperluas lapangan pekerjaan. Tetapi juga mengundang orang lain untuk ikut bersaing dalam menciptakan peluang bisnis yang sama.

3 Contoh UKM di Indonesia

UKM di Indonesia sangatlah banyak dan mengusung konsep serta ciri khasnya masing-masing. Berikut adalah 3 contohnya, yaitu:

1. Bidang Kecantikan

Kosmetik menjadi salah satu kebutuhan yang banyak dicari masyarakat. Saat ini, sudah banyak bermunculan bisnis di bidang kecantikan.

Bisnis tersebut menyediakan berbagai jenis produk yang bervariatif. Selain itu, harganya pun lebih terjangkau.

Meskipun produk luar negeri juga banyak yang masuk ke Indonesia, milik usaha kecil juga tak kalah bagus. Contohnya saja, MS Glow yang sekarang sudah memiliki ribuan pelanggan.

2. Agribisnis

Jika Kopers berada di lingkungan yang memiliki tanah subur, contoh bisnis yang satu ini banyak ditemukan.Sebagai contoh yaitu budidaya tanaman hias, kios pupuk, budidaya cabai, dan lain sebagainya.

3. Kuliner

Bisnis kuliner memang tak ada habisnya. Semua orang yang menggeluti bidang ini seperti mesin pencetak makanan. Ada saja ide kreatifnya. Maka dari itu, tak heran kalau Kopers sering menjumpai UKM bidang kuliner di sekitar rumah.

Sementara itu, untuk produk-produk kuliner yang sekarang sedang tren dan laris di pasaran diantaranya seperti mie ayam, seblak, takoyaki, kue kering, hingga frozen food.

Bagaimana Perkembangan UKM di Indonesia?

Dalam perkembangannya, UKM adalah usaha yang selalu diupayakan oleh pemerintah. Menurut Kemenkeu, sebagai usaha kecil yang banyak digandrungi masyarakat, bisnis ini wajib mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah.

Hampir sebagian besar bisnis ini merupakan kegiatan usaha rumah tangga yang bisa menyediakan tenaga kerja. Berdasarkan datanya, tahun 2019 tercatat ada sebanyak 65,4 juta UKM dan mampu menyediakan hingga 123, 3 ribu tenaga kerja.

Kemenkeu juga mencatat bahwa saat ini, usaha kecil mikro sedang dalam tren positif yang jumlahnya terus mengalami peningkatan di setiap tahunnya.

UKM adalah Sektor Bisnis yang Menguntungkan, Mau Coba?

UKM adalah sektor bisnis yang marak di tengah masyarakat. Perkembangannya cukup pesat hingga mendapatkan respon positif dari pemerintah. Jika Kopers tertarik untuk membuka bisnis kecil-kecilan, tentu bisa berkecimpung di dalamnya untuk menjadi salah satu penggerak sektor usaha kecil ini. 

Melalui usaha kecil-kecilan tersebut, Kopers bisa membantu meningkatkan kesejahteraan umum di lingkungan sekitar. Dengan demikian, secara perlahan Kopers juga dapat ikut membantu mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Baca Selengkapnya: NIB UMKM: Pengertian, Syarat, dan Cara Daftarnya, Lengkap!

You May Also Like

About the Author: PROPERTREE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *