Tips Meningkatkan dan Menguntungkan Penjualan di Bazar UMKM

Tips Meningkatkan dan Menguntungkan Penjualan di Bazar UMKM

Memulai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sering kali menjadi tantangan bagi pelaku usaha kecil atau para pelaku usaha yang baru memulainya. Salah satu cara bertahan bagi pelaku UMKM dengan mengikuti bazar UMKM. 

Bagi Kopers yang baru memulai atau yang sudah berpengalaman harus tahu bahwa mengikuti bazar UMKM dapat memberikan banyak keuntungan. Nah, apa saja manfaat yang didapatkan serta tips untuk memulainya? Simak artikel di bawah ini!

Apa itu Bazar UMKM?

Sebelum memulai lebih jauh alangkah baiknya Kopers memahami apa itu bazar UMKM. Diketahui, bazar UMKM adalah pasar yang menampilkan berbagai produk dari para pelaku usaha lainnya.

Pada umumnya, bazar ini menjadi salah satu solusi bagi para pelaku usaha untuk memperkenalkan produk secara efisien dan langsung kepada konsumennya. 

Berkat adanya bazar ini, UMKM bisa memperoleh banyak sekali manfaat. Mulai dari meningkatkan awareness hingga meningkatkan penjualan dalam jangka pendek.

Tips Bazar UMKM yang Menguntungkan

Lantas, bagaimana cara agar bisa mendapatkan hasil maksimal dalami bazar UMKM? Berikut merupakan beberapa tips yang dapat membantu Kopers meraih kesuksesan dalam bazar UMKM, yaitu:

1. Riset Bazar 

Hal utama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu segala hal yang berkaitan dengan bazar. Jangan sampai Kopers tidak mendapatkan keuntungan dan malah merugi. 

Sehingga, penting bagi Kopers untuk mencari tahu segment dan target audience yang diselenggarakan oleh pihak penyelenggara bazar. Jangan sampai Kopers, memasarkan produk elektronik, padahal bazar yang diadakan lebih fokus pada produk kecantikan. 

2. Hitung Biaya Bazar

Kopers jangan lupa untuk memastikan hal ini dengan teliti. Suatu Bazar atau event pasti memerlukan biaya yang cukup besar. 

Hitung biaya keikutsertaan selama mengikuti bazar, dan juga biaya lainnya seperti transportasi, konsumsi, produksi, dan promosi. Pastikan biaya yang dikeluarkan telah diperhitungkan secara matang dan sesuai dengan budget

3. Rencanakan dengan Matang

Sebelum mengikuti bazar UMKM, pastikan Kopers sudah merencanakan segala sesuatunya dengan matang. 

Tentukan produk apa yang akan dijual, bagaimana penataan booth, dan siapkan semua bahan promosi yang diperlukan. Seperti brosur, kartu nama, voucher diskon, dan lain sebagainya. Hal ini akan membantu menarik perhatian pengunjung yang datang.

4. Tampilkan Produk Unggulan

Jangan lupa menampilkan produk unggulan yang bisa menarik perhatian pembeli. Di sini, Kopers bisa memilih produk yang paling menarik dan paling banyak dicari konsumen.

Apabila memungkinkan, siapkan juga produk dengan harga promo atau diskon khusus untuk menarik lebih banyak pembeli.

5. Perhatikan Pelayanan

Pelayanan menjadi kunci utama dalam hal memperkenalkan dan menjual suatu produk. Jika pelayanannya jelek maka konsumen tidak hanya kesal. Namun memungkinkan konsumen tidak akan kembali untuk membeli produk tersebut.

Maka dari itu, layani pembeli dengan sabar dan ramah. Jangan ragu untuk berinteraksi dengan pengunjung bazar, hal tersebut menjadi kesempatan untuk menarik pembeli. 

6. Memaksimalkan Media Sosial

Memanfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan partisipasi Kopers dalam bazar UMKM. 

Sebelum acara dimulai, unggah informasi tentang lokasi bazar, produk yang akan dijual, dan penawaran menarik yang akan diberikan. Hal ini bisa meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke stand Kopers.

7. Melakukan Evaluasi

Melakukan evaluasi keikutsertaan bazar yang bertujuan untuk mengetahui kekurangan apa saja yang perlu diperbaiki kedepannya. Kopers dapat mengevaluasi hal-hal seperti, jumlah pembeli, omset, dan jumlah produk yang berhasil terjual.

8. Follow Up Pelanggan dan Mitra

Follow up antara pelanggan dan mitra dilakukan agar tetap menjaga hubungan dalam jangka panjang, mempererat loyalitas, dan dapat meningkatkan peluang penjualan di masa depan. 

Untuk melakukan follow up pastikan Kopers mencatat nama dan nomor WhatsApp pelanggan atau mitra yang tertarik. Hal ini akan mempermudah Kopers untuk melakukan promosi produk baru, dan diskon kepada pelanggan. 

Itulah beberapa tips dan langkah dari Minkop untuk membantu Kopers dalam membangun dan mengembangkan bisnis. Baik yang sudah berjalan maupun yang masih baru, dengan memanfaatkan kesempatan berharga di bazar UMKM.

Dengan persiapan yang matang dan strategi yang tepat, bazar bisa menjadi platform yang efektif untuk memperkenalkan produk, memperluas jaringan, dan meningkatkan penjualan. Jadi, jangan ragu untuk segera mengambil langkah pertama menuju kesuksesan bisnis Kopers!

Bagi Kopers yang ingin mencari tahu lebih dalam seputar membangun bisnis, Kopers dapat mengunjungi blog Koperasi Digital Propertree, sekarang juga!

Baca Selengkapnya: White Label: Solusi Cerdas Meningkatkan Branding Usaha 

You May Also Like

About the Author: PROPERTREE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *