Syarat Menjadi Anggota Koperasi: Kriteria dan Ketentuannya

Syarat Menjadi Anggota Koperasi: Kriteria dan Ketentuannya

Dalam lingkup koperasi, anggota merupakan salah satu elemen vital dalam mewujudkan keberhasilan organisasi tersebut. Atas dasar inilah, terdapat syarat menjadi anggota koperasi. Syarat tersebut tidak lain untuk mendapatkan kandidat berkualitas dengan persamaan kepentingan yang sesuai dalam tubuh koperasi.      

Apa Saja Syarat Menjadi Anggota Koperasi?

Secara umum, anggota koperasi merupakan kumpulan orang-orang yang bersatu secara sukarela untuk pemenuhan kebutuhan dan aspirasi sebuah koperasi dengan cara yang demokratis. Salah satu syarat untuk menjadi anggota koperasi adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dengan kriteria sebagai berikut.

1. Memiliki Kemampuan untuk Melakukan Tindakan Hukum

Meski slogan koperasi berasaskan kekeluargaan, namun koperasi memiliki legalitas usaha yang berbadan hukum dan telah diatur oleh undang-undang. Dalam hal ini, koperasi dapat melakukan tindakan hukum yang mana perbuatannya terwakilkan oleh pengurus, pengawas, dan anggota. 

Maka dari itu, syarat menjadi anggota koperasi adalah seseorang yang mampu melakukan tindakan hukum dalam pengelolaan dan kepentingan koperasi berdasarkan tanggung jawab serta keputusan dari rapat anggota.    

2. Mempunyai Status Penghasilan

Syarat menjadi anggota koperasi selanjutnya adalah mempunyai status penghasilan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab sumber dana koperasi terdiri dari modal sendiri dan pinjaman. Modal sendiri mencakup dana cadangan, simpanan wajib, dan pokok. Sedangkan, modal pinjaman koperasi berasal dari anggota dan non anggota. 

Dalam implementasinya, koperasi juga mewajibkan anggota untuk membayar beberapa iuran yang sesuai dengan ketetapan anggaran. Selanjutnya, iuran tersebut dapat anggota kelola dan kembangkan untuk memperoleh keuntungan.  

3. Kesanggupan Secara Tertulis dan Membayar Simpanan Koperasi

Saat tekad untuk menjadi anggota koperasi sudah bulat, penting untuk mengajukan permohonan menjadi anggota secara tertulis dan menyatakan kesanggupan untuk membayar simpanan pokok dan wajib sekaligus. 

Dalam koperasi simpan pinjam, simpanan pokok adalah jenis simpanan yang harus calon anggota bayar ketika pertama kali masuk menjadi anggota sah koperasi. Sementara itu, simpanan wajib merupakan sejumlah uang yang harus anggota penuhi kepada koperasi dalam waktu dan kesepakatan tertentu.   

Syarat menjadi anggota koperasi simpan pinjam ini harus dilakukan dengan rutin sebagai langkah pelaksanaan hak dan kewajiban anggota yang sebenarnya. Namun, simpanan pokok dan wajib tidak bisa anggota ambil selama yang bersangkutan masih terikat hubungan sebagai anggota koperasi.

4. Memenuhi Seluruh Anggaran dan Ketentuan yang Berlaku di Koperasi 

Calon anggota harus siap melaksanakan syarat ini dalam hal pemenuhan anggaran yang ada. Baik Anggaran Dasar (AD) maupun Anggaran Rumah Tangga (ART) adalah bentuk komitmen dalam tubuh koperasi yang menjadi rujukan utama bagi beberapa pihak dalam pengelolaan tata kehidupan organisasi dan usaha. 

Tak hanya sebatas memenuhi anggaran khusus saja, anggota juga harus bersedia untuk mematuhi ketentuan lain yang berlaku pada koperasi, di antaranya yaitu:

  • Calon anggota koperasi wajib membuat surat permohonan kepada pengurus koperasi tentang kesanggupan atas anggaran dasar dan rumah tangga. 
  • Keanggotaan koperasi mulai berlaku jika nama yang bersangkutan tercantum dalam buku daftar anggota.
  • Posisi keanggotaan koperasi harus melekat pada diri anggota dan tidak boleh berpindah tangan kepada orang lain. 
  • Permintaan pemberhentian dari keanggotaan koperasi harus anggota buat secara tertulis kepada pengurus yang bertugas.
  • Anggota yang telah diberhentikan dapat mengajukan pertimbangan atau banding pada penyelenggaraan rapat yang berikutnya.   
  • Status keanggotaan terbukti berakhir apabila anggota meninggal dunia, menyampaikan pengunduran diri, atau pengurus memberhentikan anggota akibat tidak memenuhi syarat keanggotaan dalam anggaran koperasi.      

Sudah Tahu Syarat Menjadi Anggota Koperasi?

Karena koperasi adalah jenis usaha berbadan hukum yang menyangkut kepentingan masyarakat luas, maka pemilihan anggota tidak boleh sembarangan. Pada bagian ini, syarat menjadi anggota koperasi berperan dalam mewujudkan anggota yang lebih mendukung keberlangsungan hidup organisasi tersebut dalam jangka panjang.    

Jadi, dengan adanya syarat anggota, koperasi juga dapat lebih mudah dalam menyelenggarakan pelaksanaan program-program yang sesuai dengan anggaran dan rapat anggota koperasi. Sehingga, koperasi pun mampu mencapai puncak keberhasilan yang signifikan.

Baca Selengkapnya: Cara Menjadi Anggota Koperasi Penting untuk Anda Pahami

You May Also Like

About the Author: PROPERTREE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *