Daftar Isi
Di era serba online saat ini, referral marketing menjadi salah satu strategi pemasaran penting untuk meningkatkan penjualan secara efektif dan terbilang murah.
Tak hanya itu, sistem ini juga dianggap ampuh untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Hanya dengan rekomendasi teman, keluarga, atau publik figur, pelanggan baru yang tertarik akan bermunculan.
Referral marketing tidak hanya menguntungkan perusahaan. Namun, strategi ini pun memberikan dampak positif bagi pelanggan.
Lalu, apa itu referral marketing, bagaimana tips menjalankannya, dan apa manfaatnya bagi umkm? Yuk simak penjelasannya dari Minkop berikut ini!
Pengertian Referral Marketing
Referral marketing adalah strategi pemasaran yang dapat mendorong pelanggan untuk mengajak pelanggan baru lainnya. Ajakan tersebut dapat dilakukan dari interaksi secara langsung dengan teman dan kerabat, membuat akun media sosial, membagikan konten hingga ajakan untuk membeli produk.
Berdasarkan penelitian, 92 persen pelanggan mempercayai rekomendasi dari orang yang mereka kenal dan publik figur. Peluang seseorang membeli barang empat kali lebih besar apabila disarankan oleh kenalannya.
Hal tersebut dapat terjadi karena banyak orang lebih percaya pada kenalannya dari pada yang dikatakan oleh sebuah brand. Pasalnya, sebuah brand pasti menyampaikan hal-hal positifnya saja, tapi jika seseorang yang Kopers kenal pasti akan memberitahu sisi positif dan negatif.
Dengan strategi tersebut, perusahaan mendapatkan hasil pemasaran secara gratis dari pelanggan yang merekomendasikan brand mereka.
Sedangkan, pelanggan diuntungkan dapat merekomendasikan produk atau jasa tersebut, dan calon pelanggan juga diuntungkan mendapat rekomendasi dari seseorang yang Kopers percaya dan kenal.
Tips Menjalankan Referral Marketing
Untuk menjalankan referral marketing dengan sukses, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar strategi referral efektif dan mudah diikuti. Berikut adalah beberapa tips menjalankan referral marketing:
1. Tawarkan Insentif Menarik
Kopers yang ingin menjalankan referral marketing dapat memberikan hadiah atau insentif yang cukup menarik untuk pelanggan yang memberikan rekomendasi dan pelanggan baru.
Insentif tersebut dapat berupa diskon, voucher, produk gratis atau poin yang bisa ditukarkan dengan hadiah.
2. Publikasikan Program Referral
Referral marketing merupakan strategi pemasaran yang tidak terjadi begitu saja. Kopers tetap membutuhkan usaha agar pelanggan mau merekomendasikan bisnismu kepada orang lain.
Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mempublikasikan program referral di berbagai platform bisnis Kopers. Publikasi tersebut dapat berupa link atau kode yang bisa dibagikan melalui media sosial atau pesan pribadi.
3. Buat Program yang Sederhana
Tips terakhir adalah buat program yang sederhana, mulai dari sistem, aturan, hingga cara mempublikasikannya. Pastikan program tersebut mudah dipahami oleh pelanggan.
Dengan begitu, mereka tidak akan kesulitan atau merasa bingung saat ingin merekomendasikan produk atau layanan Kopers.
Manfaat Referral Marketing
Ada beberapa manfaat referral marketing bagi pengusaha khususnya untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), berikut rinciannya:
1. Biaya yang Lebih Rendah
Seperti yang diketahui, referral marketing lebih rendah biaya, tidak seperti metode pemasaran lainnya. Sistem ini hanya membutuhkan pelanggan yang dapat mendatangkan pembeli baru karena rekomendasinya.
Sehingga, pemasaran ini efektif sangat membantu UMKM yang memiliki anggaran pemasaran terbatas namun ingin melihat hasil yang maksimal.
2. Membangun Kepercayaan Pelanggan
Manfaat referral marketing kedua bagi UMKM adalah membangun kepercayaan pelanggan. Cara membangun kredibilitasnya melalui rekomendasi yang diberikan kenalan, keluarga, atau publik figur.
Mereka biasanya lebih dipercaya karena opininya dianggap lebih jujur, tanpa ada promosi. Bisnis atau UMKM yang memiliki citra positif dan kesan baik, maka akan lebih mudah juga untuk mempertahankan eksistensinya dalam jangka panjang.
2. Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama
Dengan strategi strategi pemasaran ini, UMKM dapat menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Pelanggan baru yang datang melalui rekomendasi biasanya cenderung untuk membeli atau berlangganan.
Karena mereka sudah mendapatkan informasi dari orang yang mereka percayai. Dengan demikian, mereka sudah lebih mengenal produk atau layanan yang ditawarkan.
Selain itu, dengan menerapkan sistem referral dan memberikan insentif bagi pelanggan yang memberi rekomendasi, loyalitas pelanggan lama juga bisa semakin meningkat.
Pelanggan merasa dihargai ketika mereka bisa berkontribusi membawa pelanggan baru. Dengan mengetahui bahwa membeli produk Kopers tidak hanya sekedar belanja, tetapi juga mendapat insentif, pelanggan cenderung lebih setia.
Bahkan, pelanggan yang mendapatkan manfaat dari program strategi pemasaran ini kemungkinan untuk kembali belanja dan menjadi pelanggan tetap, serta lebih aktif mempromosikan produk.
Nah, itulah pengertian, tips, dan manfaat referral marketing. Untuk Kopers yang ingin mencari tahu lebih dalam seputar bisnis, finansial, investasi, dan edukasi dapat mengunjungi blog Koperasi Digital Propertree, sekarang juga!
Baca Selengkapnya: Green Sukuk: Instrumen Keuangan Berkelanjutan Untuk Masa Depan