Pitch Deck: Kunci Utama Untuk Menarik Perhatian Investor

Pitch Deck: Kunci Utama Untuk Menarik Perhatian Investor

Hai Kopers pernah dengar istilah “Pitch Deck” belum? Istilah ini berkaitan untuk menarik perhatian investasi sehingga harus diketahui oleh para pengusaha khususnya UMKM. 

Pitch deck adalah cara yang paling efektif untuk menemukan sumber pendanaan bagi usaha Kopers agar dapat lebih meningkat dan berkembang ke level berikutnya. 

Lantas, apa sebenarnya pitch deck dan bagaimana cara membuatnya agar investor tertarik? Simak artikel ini, Minkop telah merangkum definisi, kerangka pitch deck, dan cara membuatnya  dari berbagai sumber. 

Apa Itu Pitch Deck? 

Pitch deck adalah presentasi singkat yang digunakan untuk memperkenalkan bisnis Kopers kepada calon investor, mitra, atau pihak lain yang mungkin tertarik untuk berkolaborasi.

Tujuan utama dari pitch deck adalah memberikan gambaran yang jelas dan meyakinkan tentang bisnis Kopers, visi Kopers, serta potensi pertumbuhannya. 

Bagi pengusaha UMKM, pitch deck yang efektif adalah alat penting untuk memvisualisasikan potensi bisnis dan menunjukkan bahwa usaha Kopers layak untuk didanai. Presentasi singkat yang kuat bukan hanya sekedar informasi, tetapi juga seni menyampaikan cerita yang memikat. 

Elemen Utama dalam Pitch Deck 

Menyusun presentasi singkat untuk investor tidak bisa sembarangan. Ada beberapa elemen penting yang harus ada dalam pitch deck untuk memastikan investor bisa menangkan gambaran jelas tentang bisnis Kopers. Berikut adalah elemen utama yang perlu dicantumkan. 

1. Pendahuluan yang Menarik 

Elemen pertama adalah pendahuluan yang menarik. Kopers dapat membuat pengantar singkat yang langsung menarik perhatian. Ceritakan siapa Kopers dan apa yang memotivasi Kopers untuk memulai bisnis ini.

2. Masalah yang Ingin Diselesaikan

Bagian ini Kopers dapat menjelaskan masalah yang perusahaan miliki dan bagaimana produk atau layanan Kopers telah coba selesaikan dengan solusi umum, tetapi ternyata tidak berhasil. 

Dengan ini, investor jadi lebih tahu masalah apa yang ingin coba Kopers selesaikan dan seberapa besar dampaknya. 

3. Solusi yang Kopers tawarkan 

Setelah membahas masalah yang ingin diselesaikan, maka dalam bagian selanjutnya ini akan menjelaskan mengenai solusi dari masalah tersebut. 

Tunjukkan kepada audiens bahwa perusahaan milikmu benar-benar dapat memberikan solusi yang mudah. Jangan lupa untuk menunjukkan bahwa produk bisnis Kopers unik. 

4. Model Bisnis 

Di elemen ini, Kopers dapat menjelaskan bagaimana cara bisnis Kopers menghasilkan uang? Apakah Kopers menggunakan model langganan, penjualan langsung, atau model lainnya? 

Jelaskan bagaimana aliran pendapatan Kopers dapat berkembang dan menguntungkan. Dengan ini, investor mungkin akan tertarik dan bersedia memberikan investasi pada perusahaan Kopers. 

5. Peluang Pasar 

Selanjutnya, berikan data tentang seberapa besar pasar yang ingin Kopers masuki. Tunjukkan bahwa ada permintaan yang cukup besar dan bahwa bisnis Kopers memiliki ruang untuk tumbuh. 

6. Strategi Pemasaran

Di bagian ini, Kopers dapat menjelaskan bagaimana Kopers akan menarik pelanggan dan meningkatkan pangsa pasar. Apakah Kopers menggunakan digital marketing, promosi offline atau metode lainnya? 

Dengan ini, investor dapat melihat bahwa Kopers memiliki rencana yang matang, sehingga, investor mungkin akan tertarik investasi di perusahaan Kopers. 

7. Tim 

Elemen berikutnya adalah tim. Kopers bisa memperkenalkan orang -orang kunci dalam tim Kopers dan jelaskan keahlian serta pengalaman mereka. 

Tunjukkan bahwa tim Kopers memiliki kemampuan untuk mengelola dan mengembangkan bisnis Kopers. 

8. Proyeksi Keuangan 

Investasi selalu berhubungan dengan keuntungan. Berikan proyeksi keuangan yang realistis yang menunjukkan perkembangan perusahaan Kopers dalam beberapa tahun mendatang. 

Tunjukkan angka-angka yang ambisius, tetapi pastikan mereka didukung dengan riset pasar yang mendalam. 

9. Permintaan Dana 

Elemen terakhir adalah permintaan dana, jelaskan dengan jelas jumlah dana yang Kopers butuhkan dan cara Kopers akan menggunakannya. Hal ini dilakukan karena investor ingin tahu apakah dana yang mereka berikan akan digunakan untuk mempercepat pertumbuhan perusahaan. 

Tips Membuat Pitch Deck yang Memikat 

Selain elemen-elemen utama, ada beberapa tips tambahan yang dapat membantu pitsh deck Kopers lebih menarik, diantaranya: 

1. Jaga Kesederhanaan 

Saat membuat prsentasi untuk investor sebaiknya fokus pada poin-poin utama yang relevan dan mudah dipahami. Serta, jangan berikan informasi yang berlebihan. 

2. Gunakan Visual

Dalam presentasi untuk investor sebaiknya gunakan visual, seperti diagram, grafik, dan gambar. Hal ini dilakukan untuk membantu menjelaskan konsep atau data secara lebih jelas dan menarik. 

3. Cerita yang Kuat 

Buatkan cerita yang kuat dalam pitch deck Kopers. Pasalnya, cerita perjalanan bisnis dengan cara yang menginspirasi dan menunjukkan potensi masa depan yang cerah umumnya akan sukses. 

4. Tampilkan Kredibilitas 

Tips terakhir adalah tampilkan kredibilitas, cantumkan beberapa pencapaian atau pengakuan yang bisnis Kopers pernah dapatkan. Hal ini dapat mendukung kepercayaan investor pada perusahaan Kopers.  

Nah, itulah definisi, elemen utama, dan tips membuat pitch deck yang memikat. Pitch deck ini dapat menjadi alat yang sangat powerful bagi pengusaha, khususnya UMKM. Dengan menyusun pitch deck yang terstruktur dan meyakinkan, Kopers dapat menunjukkan potensi bisnis Kopers

Sudah siap membuat pitch deck yang luar biasa? Saatnya tunjukkan bahwa bisnis UMKM Kopers siap untuk tumbuh! Temukan informasi menarik lainnya seputar edukasi, finansial, investasi, dan bisnis hanya di blog Koperasi Propertree.

 

You May Also Like

About the Author: PROPERTREE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *