Pelayanan Prima: Pengertian, Ciri, Fungsi, dan Jenisnya

Pelayanan Prima: Pengertian, Ciri, Fungsi, dan Jenisnya

Pernah mendengar istilah ‘pembeli adalah raja’? Dalam menjalankan bisnis, ada salah satu cara yang dapat Kopers lakukan untuk menghargai pembeli yaitu dengan memberikan pelayanan prima.

Lantas, apa itu pelayanan prima? Daripada Kopers penasaran, mari baca artikel Koperasi Digital Propertree berikut ini sampai akhir ya!

Pengertian Pelayanan Prima

Mengutip dari laman resmi Kementerian Keuangan, pelayanan prima adalah tindakan atau upaya yang perusahaan atau organisasi tertentu lakukan untuk memberikan layanan yang maksimal. Tujuannya supaya pelanggan atau masyarakat bisa merasakan kepuasan atas pelayanan yang diberikan.

Pelayanan prima juga dapat diartikan sebagai service excellence. Di mana bentuk pelayanannya berbeda-beda tergantung sektor yang perusahaan atau organisasi tertentu kelola.

Apabila perusahaannya fokus dalam bisnis produksi, maka service excellent yang diberikan berupa penyediaan customer services dan menciptakan produk yang berkualitas tinggi agar memaksimalkan kepuasan para pelanggannya.

Ciri-Ciri Pelayanan Prima

Berdasarkan hasil riset yang telah Minkop lakukan, setidaknya ada tujuh ciri service excellent. Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Kesopanan dan Keramahan

Bagi para petugas yang memberikan service excellent haruslah memiliki sikap yang sopan dan ramah. Petugas harus bisa menangani para pelanggannya dengan penuh penghargaan dan memperlakukannya sebaik mungkin.

2. Responsif dan Tanggap

Ciri kedua yaitu petugas harus merespon kebutuhan dan permintaan pelanggan secara efisien dan cepat. Dalam hal ini, petugas harus siap dalam memberikan bantuan setiap kali diperlukan.

3. Akurat

Service excellent berikutnya haruslah seakurat mungkin sesuai dengan apa yang pelanggan butuhkan. Di sini, petugas perlu memastikan kalau layanan yang petugas berikan sesuai dengan permintaan pelanggan tanpa adanya kesalahan sedikitpun.

4. Efisien dan Efektif

Efisien merupakan ciri service excellent selanjutnya. Di mana petugas harus menyelesaikan tugasnya dengan cepat tanpa melupakan kualitas. Selain itu, efektivitas juga berperan penting untuk memastikan tujuan pelanggan dapat tercapai dengan baik.

5. Komunikatif dan Informatif

Ciri kelima yang wajib petugas miliki yakni kemampuan komunikasi yang baik untuk menyampaikan informasi secara jelas kepada para pelanggannya.

6. Berorientasi Penuh Pada Pelanggan

Service excellent juga patut berorientasi penuh kepada kebutuhan pelanggannya. Mulai dari mengidentifikasi hingga memahami apa yang pelanggan butuhkan dan inginkan.

7. Konsisten

Ciri terakhir adalah konsisten. Memberikan pelayanan yang konsisten akan mendatangkan pengalaman yang baik bagi pelanggan. Kendati begitu, kepercayaan dan loyalitas pelanggan akan tercipta atas merek.

Fungsi Pelayanan Prima

Adapun tiga fungsi service excellent yang perlu Kopers ketahui, antara lain meliputi:

1. Sebagai Alat Promosi

Fungsi pertama sebagai alat promosi. Artinya, perusahaan yang memberikan service excellent biasanya akan menerima penilaian positif dari para pelanggannya.

Oleh sebab itu, secara tidak langsung perusahaan bisa mendapatkan keuntungan promosi dari mulut ke mulut (word of mouth).

2. Sebagai Alat Komunikasi

Fungi kedua yaitu sebagai alat komunikasi yang bisa menyampaikan pesan kepada para pelanggannya secara asertif atau menyampaikan inti dari pesan yang akan disampaikan.

3. Sebagai Branding Perusahaan

Fungsi ketiga adalah sebagai branding perusahaan. Jadi, saat perusahaan memberikan service excellent, maka akan muncul keunikan tersendiri.

Hal ini kemudian membuat para pelanggan dapat jauh lebih mengenal perusahaan tersebut melalui pelayanan prima yang diberikan tersebut.

Jenis Pelayanan Prima

Diketahui, pelayanan prima terdiri dari tiga jenis, yaitu seperti:

1. Pelayanan Utama atau Core Service

Pelayanan utama adalah pelayanan yang menawarkan produk ataupun jasa utamanya kepada para pelanggannya. 

Di sini, perusahaan secara langsung akan memberikan penawaran terbaiknya atas jasa ataupun produk yang mereka jual.

2. Pelayanan Fasilitas atau Facilitating Service

Pelayanan fasilitas adalah pelayanan tambahan yang wajib perusahaan sediakan demi mendukung pelayanan prima. Contohnya seperti satpam, customer service, dan lain sebagainya.

3. Pelayanan Pendukung atau Supporting Service

Khusus pelayanan pendukung, suatu perusahaan harus mampu menemukan nilai yang akan diberikan kepada para pelanggannya. Pasalnya, pelayanan ini bisa membuat perusahaan menjadi berbeda dengan kompetitor lain.

Demikianlah penjelasan mengenai pelayanan prima lengkap beserta ciri, fungsi, dan jenisnya. Nah, setelah membaca artikel di atas, Kopers sudah tahukan apa itu pelayanan prima?

Kalau Kopers tertarik untuk membaca artikel serupa terkait bisnis, keuangan, hingga investasi, segera kunjungi blog Koperasi Digital Propertree sekarang juga! Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Selengkapnya: 7 Tips Mental Bisnis yang Sehat Bagi Para Pengusaha!

Penulis: Dhea Alvionita

You May Also Like

About the Author: PROPERTREE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *