Nano Influencer: Kelebihan dan Potensinya untuk Bisnis

Nano Influencer: Kelebihan dan Potensinya untuk Bisnis

 

Hai Kopers, apakah kamu pernah mendengar istilah nano influencer? Ya, Nano Influencer merupakan salah satu metode marketing yang sedang trend dan semakin diminati oleh banyak pebisnis. 

Pasalnya, metode ini memiliki pengaruh besar dalam membangun kesadaran merek dan membangun hubungan lebih dekat antara para pebisnis dengan konsumen mereka. 

Lalu, apa sebenarnya nano influencer itu? Apa saja kelebihan yang dimiliki dan bagaimana potensinya untuk bisnis? Mari simak artikel ini, Minkop akan membahas lebih dalam tentang nano influencer, yang telah dirangkum dari berbagai sumber. 

Definisi Nano Influencer 

Nano influencer adalah seseorang yang memiliki jumlah pengikut di media sosial yang relatif kecil, umumnya antara 1,000 hingga 10.000 pengikut. 

Meskipun jumlah pengikutnya tidak sebanyak selebriti, atau influencer dengan jutaan pengikut, nano influencer justru memiliki ciri khas yang menarik bagi bisnis, yaitu tingkat interaksi yang lebih tinggi dan hubungan yang lebih dekat dengan audiens. 

Berbeda dengan influencer besar yang seringkali terkesan sebagai selebriti, nano influencer biasanya dikenal oleh pengikutnya secara pribadi. Mereka sering berbagai konten sehari-hari yang lebih otentik, menciptakan yang lebih kuat dengan audiensnya. 

Kelebihan Nano Influencer 

Nano influencer memiliki berbagai kelebihan yang dapat mempengaruhi bisnis Kopers, diantaranya sebagai berikut. 

1. Memiliki Engagement Tinggi 

Kelebihan pertama adalah memiliki engagement tinggi, seperti yang diketahui influencer yang memiliki sedikit pengikut cenderung mudah berinteraksi dengan audiens, sehingga mampu menampilkan image produk baru yang menarik.

2. Influencer Bisa Menjadi Teman 

Jika Kopers menggunakan jasa influencer yang memiliki sedikit pengikut, maka mereka akan berinteraksi dengan audiens seakan-akan sudah saling berteman.

 Hal ini akan membantu kenyamanan dan kemudahan interaksi dengan audiens terkait produk atau jasa yang dipromosikan. 

3. Influencer Pemula yang Siap Tumbuh dan Berkembang 

Kelebihan selanjutnya bekerja sama dengan influencer yang memiliki sedikit pengikut adalah mereka umumnya semangat untuk tumbuh dan berkembang. 

Siap menyediakan konten-konten yang lebih baru dan segar kepada audiens. Selain itu, influencer yang memiliki sedikit pengikut juga cenderung memiliki kredibilitas tinggi, sebab selalu fokus untuk menghasilkan konten berkualitas. 

4. Biaya Lebih Murah 

Kerja sama dengan influencer yang memiliki sedikit pengikut tentunya mengenakan biaya lebih murah dibandingkan dengan influencer dengan pengikut jutaan. 

Bahkan beberapa dari influencer yang memiliki sedikit pengikut pun tidak mau dibayar dengan uang dan digantikan dengan kompensasi berupa produk atau barang yang dipromosikan. 

5. Mudah dan Dapat Dipercaya 

 Bekerja sama dengan influencer yang memiliki sedikit pengikut lebih mudah dan produk atau jasa yang dipromosikan oleh mereka cenderung dapat dipercaya oleh audiens. 

Hal ini dapat terjadi karena tumbuhnya citra seorang teman, bukan orang asing. Alhasil produk atau layanan jasa yang dipromosikan akan menyebar dari mulut ke mulut, dan pengikut akan menganggap konten tersebut asli karena memiliki kredibilitas tinggi. 

6. Memberikan Keunggulan yang Kompetitif 

Umumnya, pekerjaan nano influencer hanya dijadikan pekerjaan sampingan. Akibatnya, mereka tidak akan mengajukan permintaan yang tinggi serta mudah menyetujui berbagai ketentuan yang sudah Kopers buat. 

Selain itu, jasa nano influencer juga bisa Kopers manfaatkan ketika ada acara khusus untuk sebuah brand. Hal ini akan berdampak positif terhadap minat pengikut media sosialnya. 

Potensi Nano Influencer Untuk Bisnis 

Berikut beberapa potensi nano influencer untuk bisnis yang harus Kopers ketahui, sebagai pengusaha kecil dan menengah. 

1. Meningkatkan Kesadaran Merek

Potensi  pertama menggunakan jasa influencer yang memiliki sedikit pengikut adalah meningkatkan kesadaran merek. Hal ini dapat terjadi karena influencer dan pengikut memiliki hubungan yang lebih personal dan tersegmentasi. 

Melalui postingannya langsung kepada audiens yang relevan dapat menghasilkan penyebaran yang lebih luas di kalangan konsumen yang tepat. 

2. Meningkatkan Penjualan 

Potensi selanjutnya adalah meningkatkan penjualan. Hal ini terjadi karena rekomendasi yang disampaikan oleh influencer sering berdampak pada keputusan pembelian pada audiens.

Sehingga, bisnis yang menggunakan jasa influencer dengan pengikut sedikit dapat merasakan peningkatan penjualan yang signifikan. 

3. Memperkuat Strategi Pemasaran Jangka Panjang 

Bekerja sama dengan beberapa nano influencer untuk jangka waktu panjang dapat membantu menciptakan hubungan yang lebih mendalam dengan audiens mereka. 

Dengan begitu, Kopers tidak hanya mendapatkan promosi instan tetapi juga dapat membangun hubungan yang lebih berkelanjutan dengan konsumen. 

4. Membantu Bisnis Kecil dan Menengah

Jasa promosi melalui influencer yang memiliki sedikit pengikut bisa membuat bisnis kecil dan menengah. Karena jasa ini memberikan biaya yang lebih murah dan dapat menjangkau audiens yang relevan. 

Nah, itulah definisi, kelebihan, dan potensi nano influencer untuk bisnis. Influencer yang memiliki sedikit pengikut menawarkan peluang yang menarik dan penuh potensi bagi bisnis. 

Dengan keterlibatan yang lebih tinggi, kredibilitas yang lebih besar, serta biaya yang lebih rendah, influencer dengan pengikut sedikit dapat menjadi pilihan yang semakin populer dalam dunia pemasaran digital. 

Jadi, jika Kopers ingin mencari cara untuk memperkenalkan bisnis Kopers dengan cara yang lebih personal dan efektif, jasa influencer yang memiliki sedikit pengikut ini mungkin jawabannya. 

Dengan memahami kelebihan dan potensinya, kini saatnya bagi Kopers untuk memanfaatkan nano influencer dalam strategi pemasaran bisnis!  

Apabila Kopers tertarik membaca informasi mengenai bisnis, investasi, keuangan, dna edukasi bisa langsung kunjungi blog Koperasi Propertree, dan nantikan informasi menarik lainnya!

You May Also Like

About the Author: PROPERTREE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *