Koperasi Pemasaran: Arti dan Peran Partisipasi Anggotanya

Koperasi Pemasaran: Arti dan Peran Partisipasi Anggotanya

Sampai detik ini, koperasi masih menjadi badan usaha yang populer di kalangan masyarakat. Unit bisnisnya bisa Kopers temukan di beberapa lembaga, perusahaan hingga institusi. Koperasi pemasaran adalah salah satu jenis koperasi yang memiliki peran penting. Artikel ini akan mengulasnya lebih dalam, yuk cari tahu sekarang!

Apa Itu Koperasi?

Menurut Undang-Undang Nomor 17 tahun 2012, koperasi merupakan badan hukum yang didirikan oleh perseorangan atau badan hukum dengan pemisahan kekayaan para anggotanya untuk menjadi modal.

Sementara itu, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengartikan bahwa koperasi adalah suatu organisasi bisnis yang dijalankan oleh orang-orang demi mencapai kepentingan bersama.

Koperasi menjalankan asas kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat sesuai dengan asas kekeluargaan.

Selain itu, koperasi memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan organisasi lainnya. Diantaranya sebagai berikut.

  • Koperasi terbuka untuk semua orang yang memenuhi persyaratan keanggotaan dan bersedia untuk berpartisipasi.
  • Keputusan dalam koperasi diambil secara demokratis, di mana setiap anggota memiliki hak suara yang setara dalam rapat anggota.
  • Anggota koperasi berkontribusi secara ekonomi dan mendapatkan manfaat dari kegiatan koperasi.
  • Koperasi biasanya didanai oleh kontribusi anggotanya. Keuntungan yang diperoleh oleh koperasi dibagi di antara anggota sesuai dengan tingkat partisipasi atau kontribusi mereka.
  • Koperasi memberikan pendidikan dan pelatihan kepada anggotanya untuk meningkatkan pemahaman tentang aspek ekonomi koperasi dan meningkatkan keterampilan mereka.

Apa Itu Koperasi Pemasaran?

Koperasi pemasaran adalah koperasi yang terbentuk untuk memberi bantuan para anggotanya dalam memasarkan produknya. Status anggotanya adalah sebagai pemilik (owner) dan penjual (seller) atau pemasar.

Koperasi pemasaran (koperasi penjualan) pada dasarnya berfungsi untuk memasarkan produk barang maupun jasa yang mereka hasilkan. Nantinya, koperasi akan menjualkan produk para anggota tersebut. 

Sementara itu, untuk pembagian keuntungannya sesuai dengan kesepakatan bersama dan masuk ke dalam kas koperasi.

Selain keuntungan, para anggota juga akan mendapatkan pengalaman dan wawasan tentang pemasaran yang lebih lagi. Mereka akan berkemungkinan untuk bersaing dengan para pebisnis lainnya dengan cara yang lebih efisien.

4 Partisipasi Anggota Koperasi Pemasaran

Partisipasi anggota koperasi penjualan memiliki peran sentral dalam mencapai tujuan bersama, meningkatkan kekuatan tawar, dan memberikan manfaat ekonomi yang adil kepada setiap anggota. Mari kita lihat secara lebih rinci 4 partisipasi anggota koperasi pemasaran!

1. Produksi Barang oleh Anggota Koperasi

Partisipasi anggota dimulai dengan produksi barang. Dalam koperasi pemasaran, anggota bekerja sama untuk menghasilkan barang-barang yang memenuhi standar kualitas tinggi. 

Misalnya, bisa berupa gerabah unik, produk tekstil berkualitas, susu segar, atau keju lezat. Selain itu, koperasi harus memastikan produksi ini sesuai dengan kebutuhan pasar.

2. Mengoptimalkan Pasar dan Distribusi

Koperasi pemasaran adalah garda terdepan dalam pemasaran barang ataupun jasa anggota yang bertindak sebagai produsen. Maka dari itu, partisipasi selanjutnya adalah dalam penjualan produk.

Barang yang para anggota koperasi hasilkan, nantinya akan dijual ke berbagai wilayah sesuai dengan permintaan pasar. Anggota hanya perlu menyuplai produk mereka ke koperasi. Ketika barang terjual, anggota menerima pembayaran sesuai kesepakatan.

3. Memastikan Sistem Penyuplaian Efisien

Koperasi penjualan ini menggunakan sistem penyuplaian yang efisien. Anggota hanya perlu menyuplai produk sesuai dengan aturan dan waktu yang telah koperasi tetapkan. 

Dalam hal ini, koperasi bertindak sebagai perantara yang membantu anggota untuk fokus pada produksi tanpa harus khawatir bagaimana pemasaran dan distribusinya. 

Untuk pembayaran kepada anggotanya sendiri dilakukan setelah produk terjual, sehingga menciptakan siklus yang adil dan berkelanjutan.

4. Menjamin Manfaat Ekonomi yang Adil

Partisipasi anggota yang terakhir, menjamin manfaat ekonomi yang adil. Keuntungan yang telah mereka peroleh dari aktivitas pemasaran, harus menggunakan sistem bagi hasil.

Bagi hasil ini bisa Kopers dasarkan pada kontribusi atau partisipasi masing-masing anggota, sehingga mampu menciptakan motivasi untuk terus berpartisipasi aktif. 

Dengan begitu, partisipasi anggota dalam koperasi ini bukan hanya sekadar kontribusi materi, tetapi langkah nyata menuju kesejahteraan bersama. 

Melalui kerjasama dan partisipasi yang kuat, anggota koperasi pemasaran mampu mencapai keberlanjutan ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup anggotanya secara kolektif.

Koperasi Pemasaran Adalah Penunjang Perekonomian!

Koperasi pemasaran adalah elemen yang cukup penting untuk menunjang sistem perekonomian dalam suatu wilayah. Apalagi koperasi terbukti mampu menyejahterakan anggotanya dengan visi dan misi yang dimilikinya. Oleh sebab itu, jika Kopers tertarik untuk bergabung menjadi salah satu anggota koperasi, jangan tunda lagi.

Kopers dapat bergabung bersama Koperasi Digital Propertree menggunakan produk unggulannya yang bernama SIJAKA (simpanan berjangka).

Sebagai informasi, Koperasi Digital Propertree hanya melakukan kegiatan simpanan dana saja. Namun, untuk imbal hasilnya jauh lebih besar daripada bank-bank besar!

Baca Selengkapnya: Apa Itu Koperasi Produksi? Ini Penjelasan, Tujuan, dan Contohnya

You May Also Like

About the Author: PROPERTREE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *