Strategi Pengembangan Koperasi Digital Lengkap dan Contohnya

Strategi Pengembangan Koperasi Digital Lengkap dan Contohnya

Koperasi merupakan salah satu lembaga keuangan yang paling banyak ditemukan di tengah masyarakat. Namun di tengah perkembangan teknologi seperti saat ini, muncul istilah baru yakni koperasi digital. Berikut ini pengertian, contoh, hingga strategi pengembangannya.

Pengertian

Koperasi digital merupakan salah satu lembaga yang di dalamnya terdapat beberapa anggota yang saling bekerja sama untuk memperoleh keuntungan sebanyak mungkin dengan sistem digital. Konsep koperasi digital mirip seperti konvesional tetapi menggunakan teknologi internet untuk memudahkan akses para anggota terkait berbagai data koperasi.

Biasanya pengaplikasian koperasi jenis ini bisa mendorong setiap industri dari berbagai sektor bisnis untuk bisa beradaptasi dalam upaya menghadapi lingkungan yang berubah-ubah. 

Contoh Koperasi Digital

Ada cukup banyak contoh koperasi digital dalam masyarakat, salah satunya yaitu koperasi digital propertree. Koperasi ini merupakan sebuah platform untuk yang bergerak di bidang pendanaan proyek-proyek properti.

Propertree menciptakan Koperasi Digital Propertree (KDP) dengan tujuan mempermudah masyarakat dalam menyimpan dana di koperasi. Koperasi akan mengelola dana tersebut dan melakukan investasi ke berbagai proyek potensial seperti real estate dan perumahan. Hal ini dimaksudkan agar anggota dapat mengakses imbal jasa simpanan bersama.

Keuntungan yang diberikan oleh KDP mencapai 12.5% setahun, jauh lebih tinggi daripada bunga deposito bank yang saat ini mencapai 5.5% pada tahun 2023.

Selain itu, perbedaan utama antara KDP dan sistem deposito adalah tidak dibutuhkan dana besar untuk memulai. Anggota dapat menabung secara berkelanjutan sehingga dana terakumulasi bersama dengan imbal hasil simpanan.

Strategi Pengembangan Koperasi di Era Digital

Ada beberapa strategi yang bisa diterapkan dalam pengembangan koperasi jenis ini ini, antara lain:

1. Penyediaan Bantuan Awal Migrasi Platform Digital

Sebagai langkah awal dalam mengembangkan digitalisasi koperasi, pemerintah perlu bisa menyediakan bantuan awal berupa dana untuk penyediaan platform koperasi. Hal ini mengingat biaya dari pengembangan aplikasi untuk menyokong koperasi ini yang begitu besar, bahkan bisa mencapai lebih dari Rp8.000.000,00. 

2. Pelatihan Pengelolaan Koperasi Digital

Strategi pengembangan koperasi ini juga bisa terwujud dengan melakukan pelatihan. Hal ini karena tentunya tidak semua orang memiliki keahlian yang mumpuni dalam menggunakan teknologi. 

Dengan melakukan pelatihan harapannya bisa membantu dalam pengelolaan koperasi digital. Akan jadi sia-sia jika koperasi tersebut memiliki modal besar, namun tidak berbarengan dengan sumber daya anggota yang memiliki kemampuan pengelolaan baik. 

3. Pemanfaatan Teknologi Learning 

Strategi berikutnya dalam pengembangan model koperasi ini yaitu dengan memanfaatkan teknologi learning. Maksudnya yaitu dengan membuat model learning yang interaktif namun efektif. 

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan platform digital juga dalam memfasilitasi diskusi digital dengan anggota koperasi atau orang terkait lainnya. Dengan cara ini tidak hanya akan menghemat biaya tetapi juga tenaga para anggotanya. 

4. Tingkatkan Literasi Koperasi pada Masyarakat

Masyarakat merupakan tokoh utama dalam koperasi digital. Untuk itulah meningkatkan literasi koperasi masyarakat berperan penting terutama berkaitan dengan keuangan. 

Dalam hal ini, Anda bisa membuat sosialisasi atau diskusi pada masyarakat terkait koperasi ini. Manfaatnya tidak hanya untuk memberikan informasi tetapi sebagai cara untuk membujuk masyarakat agar ikut serta dalam koperasi tersebut. 

5. Masukkan Koperasi dalam Program Merdeka Belajar

Cara ini berlaku hanya untuk pemerintah yang perlu menyuarakan digitalisasi dalam koperasi. Untuk menerapkannya, pemerintah bisa mulai dari kalangan mahasiswa dengan memasukkannya dalam Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. 

Ini penting karena nantinya mahasiswa tersebutlah yang akan terjun langsung ke masyarakat untuk dan menjadi aktor utama dalam mengembangkan koperasi ini. 

Sudah Tahu Contoh dan Strategi Pengembangan Koperasi di Era Digital?

Setelah Anda mengetahui penjelasan sekilas mengenai koperasi digital dan strategi pengembangannya, selanjutnya bisa langsung tentukan sendiri untuk menerapkan koperasi ini atau tidak. Penerapan koperasi jenis ini terbilang sangat menguntungkan karena memang lebih efektif dan efisien dari segi biaya dan tenaga.

You May Also Like

About the Author: PROPERTREE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *