Cara Mengatur Keuangan Pribadi untuk Maksimalkan Tabungan

Cara Mengatur Keuangan Pribadi untuk Maksimalkan Tabungan

Sudah memiliki niat untuk mengatur keuangan tetapi masih bingung bagaimana caranya? Jika Kopers ingin mengetahui cara mengatur keuangan pribadi, bahas selengkapnya di artikel, yuk!

Menyadari pentingnya pengelolaan keuangan, tak heran jika banyak orang yang tertarik dengan topik yang satu ini. Sebab, tanpa adanya pengelolaan keuangan yang baik, kesejahteraan finansial Kopers di masa depan akan berantakan.

Sayangnya, masih banyak di antara Kopers yang belum memahami bagaimana cara mengatur keuangan pribadi. Penasaran? Simak artikel Koperasi Digital Propertree hingga selesai ya, Kopers.

Pengertian Mengatur Keuangan

Diketahui, mengatur keuangan adalah proses sistematik dalam mengatur keuangan secara efektif. Tujuannya untuk mencapai stabilitas finansial yang telah Kopers tetapkan di masa depan.

Intinya, mengatur keuangan adalah salah satu cara terbaik yang bisa Kopers terapkan untuk mengelola keuangan secara efisien. Apabila dilakukan sebaik mungkin, hal ini bisa mengurangi stres dan memberikan kemerdekaan finansial.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Seperti yang kita ketahui bersama, mengatur keuangan memanglah membutuhkan usaha dan konsisten. Dengan begitu, seluruh keuangan yang Kopers miliki bisa terkontrol sebaik mungkin.

Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan pribadi yang mudah ya, Kopers? Berikut langkah-langkahnya.

1. Terapkan Rumus 50 30 20

Cara pertama yaitu menerapkan rumus 50 30 20. Biasanya, rumus keuangan pribadi 50 30 20 ini banyak diterapkan oleh para pekerja di bawah usia 30 tahun.

Melalui rumus ini, Kopers bisa mengontrol keuangan agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, menabung, hingga hiburan dengan biaya yang proporsional.

Maksud rumus 50 30 20 adalah mengalokasikan sebesar 50% untuk membeli kebutuhan sehari-hari. 30% nya untuk keinginan dan 20% untuk tabungan atau investasi.

Baca Juga: Mengelola Keuangan: Pengertian, Manfaat, Beserta Rumusnya

2. Catat Seluruh Pengeluaran

Apabila Kopers pernah dan sering mengalami uang yang tiba-tiba habis sebelum waktu gajian tiba, mulai sekarang coba untuk mencatat seluruh pengeluaran deh.

Bila perlu, Kopers batasi keuangan di setiap harinya. Jika anggaran kemarin melebihi batas maksimal, Kopers bisa mengurangi limit anggaran hari ini sebagai hukuman agar menjadi lebih disiplin.

3. Sesuaikan Gaya Hidup dengan Penghasilan

Cara mengatur keuangan berikutnya adalah menyesuaikan gaya hidup dengan penghasilan Kopers.

Kalau gaji Kopers pas-pasan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup, jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli barang-barang di luar kemampuan.

Sebab, makin meningkatnya gaya hidup, maka semakin tinggi pula gengsinya. Namun, gengsi itu hanya akan memupuk permasalahan ke depannya. Mulai dari tidak terpenuhinya kebutuhan primer hingga menambah utang.

4. Jangan Ambil Banyak Cicilan

Selain memiliki gaya hidup sesuai kemampuan, Kopers juga tidak usah mengambil banyak cicilan agar keuangan pribadi makin mudah diaturnya.

Penting untuk diingat, tidak semua barang harus Kopers miliki sekaligus, ada kalanya Kopers melunasi utang terlebih dahulu sebelum mengambil barang keinginan lainnya.

Pasalnya, apabila Kopers terlalu banyak mengambil cicilan, keuangan pribadi kian terancam bahkan bisa mengganggu pikiran.

Mau sebanyak apapun gaji, setiap bulannya Kopers harus merelakannya untuk membayar tagihan utang itu.

5. Buat Wishlist Keinginan 5 Tahun ke Depan

Tentunya setiap orang memiliki barang idaman yang hendak mereka miliki di masa depan, bukan?

Maka dari itu, Kopers bisa membuat wishlist impian tersebut satu per satu agar bisa tercapai di masa depan.

Contohnya, dalam lima tahun ke depan Kopers hendak menikah dan membeli rumah. Dua keinginan tersebut tidaklah membutuhkan dana yang sedikit. Jadi, Kopers harus membuat rencana anggaran yang matang dari sekarang.

Demikianlah lima cara mengatur keuangan pribadi yang bisa Kopers terapkan untuk memaksimalkan tabungan. Dari cara-cara di atas, tentunya finansial Kopers jauh lebih baik, bukan?

Jika Kopers masih ingin mencari informasi terkait finansial, jangan lupa untuk kunjungi dan pantau di blog Koperasi Digital Propertree!

Melalui blog Koperasi Digital Propertree, Kopers bisa sekaligus mengakses informasi seputar investasi, bisnis, hingga edukasi menarik lainnya secara gratis lho. Yuk kunjungi blognya sekarang juga.

Baca Selengkapnya: Begini Cara Mengatur Keuangan di Excel yang Ternyata Mudah!

Penulis: Dhea Alvionita

You May Also Like

About the Author: PROPERTREE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *