Bagaimana Cara Investasi Logam Mulia? Ketahui 4 Tipsnya!

Bagaimana Cara Investasi Logam Mulia? Ketahui 4 Tipsnya!

Dewasa ini sudah banyak orang yang memulai investasi logam mulia. Logam mulia merupakan logam langka dan mempunyai nilai ekonomi tinggi, sehingga membuat masyarakat semakin tergiur menginvestasikannya. 

Apakah Anda ingin mencoba melakukannya, tapi tidak tahu harus mulai dari mana? Tenang! Pada artikel ini, Anda akan menemukan 4 cara mudah untuk mulai berinvestasi logam mulia.

4 Tips Cara Investasi Logam Mulia Emas

Salah satu contoh logam mulia yang kerap kali menjadi pilihan masyarakat untuk berinvestasi adalah emas. Berikut 4 cara mudah untuk bisa segera investasi logam mulia emas, yaitu:

1. Tentukan Tujuan dari Investasi

Sama halnya seperti saat akan melakukan suatu perencanaan, investasi emas haruslah Anda awali dengan menetapkan tujuan. Sebab, dengan tujuan investasi, Anda akan semakin konsisten dan giat dari hari ke hari.

Tujuan dari investasi logam mulia emas pun cukup beragam. Contohnya untuk tabungan haji ke tanah suci, dana pensiun, dana pembangunan rumah, pendidikan anak, bahkan dana liburan. 

Tetapkan hati untuk terus berinvestasi agar bisa mencapai tujuan awal. Dengan demikian, Anda bisa semakin mudah dalam alokasi dana investasi emas.

2. Pantau Perkembangan Harga Emas

Selanjutnya, Anda juga perlu konsisten dalam memantau perkembangan harga emas. Umumnya, harga emas bersifat fluktuatif dan berubah-ubah dari tahun ke tahun.

Meskipun demikian, harga emas memiliki kecenderungan untuk terus meningkat, sehingga Anda tidak perlu ragu menyisihkan uang untuk membelinya.

Namun sebagai catatan, simak baik-baik harga jual emas. Pastikan harga emas yang Anda jual lebih tinggi daripada harga belinya. Dengan begitu, Anda bisa merasakan investasi yang berbuah keuntungan.

3. Dapatkan Emas dari Tempat Terpercaya

Tips ketiga dalam investasi emas adalah dengan membeli emas di tempat terpercaya. Anda perlu berhati-hati dengan rayuan harga emas yang terlalu murah daripada harga resminya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membeli logam mulia emas di tempat yang telah terjamin kredibilitasnya.

4. Simpan Logam Mulia di Tempat Aman

Terakhir, Anda perlu berhati-hati dalam menyimpan logam mulia emas. Keuntungan investasi logam mulia memang tidak perlu Anda ragukan lagi, namun tetap saja semua kemungkinan buruk bisa saja terjadi. 

Apabila memutuskan untuk menyimpan logam mulia di rumah, pastikan Anda memiliki brankas penyimpanan khusus untuk meletakkannya. Dengan menyimpan di brankas, risiko Anda kehilangan emas akan mengecil.

Keuntungan Investasi Emas

Selain memiliki nilai ekonomi yang tinggi, keuntungan lain dari berinvestasi emas adalah kestabilannya. Bahkan, sudah dapat dipastikan bahwa nilai logam mulia emas jauh lebih stabil daripada nilai mata uang dan mampu meningkat selama inflasi.

Di samping itu, kini emas asli sangat mudah untuk Anda dapatkan. Anda sudah bisa membeli emas lewat e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, atau toko emas resmi yang sudah memiliki situs online. Hal yang perlu Anda perhatikan hanyalah sertifikat keaslian yang wajib didapatkan setelah membeli emas.

Beberapa toko emas juga menyediakan layanan brankas khusus penyimpanan emas. Apabila Anda tertarik untuk memulai investasi logam mulia emas tanpa rasa cemas sedikit pun, Anda bisa memanfaatkan keuntungan ini.

Kekurangan yang Perlu Diperhatikan

Terlepas dari keuntungan investasi logam mulia yang telah Anda baca, Anda juga perlu mengetahui bahwa investasi ini bisa memiliki kelemahan. Apa saja kelemahan tersebut? Simak dua kelemahan dasar dari investasi emas berikut ini.

  1. Emas tidak cocok bagi Anda yang ingin berinvestasi dalam jangka pendek, karena emas memiliki kenaikan harga yang lambat.
  2. Jenis logam mulia ini juga tidak dapat menghasilkan pendapatan pasif, sehingga keuntungan berinvestasi hanya bisa Anda dapat saat menjual emas.

Masih Ingin Melanjutkan Investasi Logam Mulia Emas?

Setelah mengetahui kelemahan dari berinvestasi logam mulia emas, apakah Anda masih tetap ingin melanjutkannya? Tentu tidak masalah. Jangan hanya karena dua kelemahan kecil tersebut, niat Anda untuk berinvestasi demi masa depan menjadi goyah.

Tetaplah teguh dalam menjadikan emas sebagai produk investasi terbaik Anda. Pastikan cara investasi logam mulia yang telah Anda pelajari melalui artikel ini bisa Anda terapkan. Bersiaplah mendapatkan keuntungan besar di masa mendatang dengan investasi emas!

Baca Selengkapnya: 5 Jenis Logam Mulia dan Harganya, Wajib Anda Ketahui!

You May Also Like

About the Author: PROPERTREE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *