Digitalisasi: Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

Digitalisasi: Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

Digitalisasi sudah merubah berbagai aspek di kehidupan manusia. Semua hal yang serba digital telah memberikan kemudahan terhadap berbagai macam aktivitas manusia.

Meskipun demikian, masih banyak daerah di Indonesia yang belum paham tentang istilah tersebut dan seperti apa penerapannya. Untuk itu, berikut pembahasan selengkapnya.

Pengertian Digitalisasi

Digitalization atau digitalisasi adalah sebuah proses peralihan dari teknologi analog menuju teknologi digital. Ada juga yang menjelaskan bahwa istilah tersebut merupakan proses pemakaian maupun pemberian sistem digital.

Adanya digitalization tersebut memungkinkan kinerja menjadi lebih meningkat, efektif, serta efisien. Meskipun begitu, penerapannya bukan bertujuan untuk menghilangkan atau secara totalitas tak menggunakan cara konvensional.

Anda tetap memerlukan cara-cara konvensional dan manual. Hanya saja, digitalization ini semata-mata untuk membuat pekerjaan yang Anda lakukan menjadi lebih efektif.

Manfaat Digitalisasi dalam Bisnis

Setiap perubahan tak selamanya memberikan dampak negatif. Di balik perubahan tersebut, terdapat maksud yang baik, yaitu sebagai solusi terhadap berbagai permasalahan.

Begitu juga dengan digitalization. Meskipun masih ada beberapa orang yang menolak konsep “digital” karena khawatir hilangnya cara-cara tradisional. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa ada banyak manfaat yang akan Anda peroleh, khususnya di ranah bisnis.

1. Menekan Biaya

Terdapat berbagai kegiatan dalam bisnis yang membutuhkan biaya tersendiri. Bahkan, tak jarang biaya yang harus dikeluarkan cukup mahal. Adanya digitalization ini menjadi langkah tepat untuk memangkas biaya yang Anda keluarkan.

Contoh sederhananya yaitu terkait transformasi pencatatan transaksi. Sebelumnya Anda memerlukan kwitansi kertas untuk melakukan pencatatan tersebut. Kemudian, digitalisasi mengubahnya dengan pencatatan kwitansi online.

Saat menggunakan kuitansi online, Anda tidak mempunyai batas kertas. Sementara untuk kwitansi konvensional jumlah kertasnya terbatas dan Anda harus membelinya ketika sudah habis.

2. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Bagi dunia bisnis, tak bisa dipungkiri jika digitalisasi telah memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk bertemu serta berinteraksi dengan konsumen di berbagai wilayah. Bahkan, tak sedikit yang berhasil berinteraksi dengan konsumen dari luar negeri.

Oleh karena itu, usaha Anda mampu menjangkau pasar secara lebih luas. Pada akhirnya, produk atau jasa yang Anda tawarkan akan memiliki peminat yang lebih banyak. Nanti keuntungan yang Anda peroleh pun juga semakin banyak.

3. Ramah Lingkungan Hidup

Pasti Anda juga bertanya, bagaimana digitalization mampu menghadirkan manfaat terhadap lingkungan hidup? Sederhananya, adanya pengurangan pemakaian kertas di tempat kerja sangat berguna untuk mengurangi aktivitas penebangan pohon.

Memang hal semacam ini sangat sepele dan terkadang orang meremehkannya. Akan tetapi, semakin berkurangnya kegiatan menebang pohon, maka lingkungan pun akan lebih nyaman.

4. Tak Terbatas Ruang/Waktu

Penerapan digitalisasi juga dapat mengoptimalkan kepuasan pelanggan lewat pelayanan secara maksimal. Misalnya, penerapan sistem otomatis agar bisa menjawab atau memberikan komentar terhadap pertanyaan maupun keluhan pelanggan.

Dulu, fungsi semacam ini dilakukan manusia secara manual. Sekarang berkat digitalization, proses pemberian tanggapan pada pelanggan berlangsung otomatis. Bahkan, bisa berlangsung di luar jam kerja.

5. Pekerjaan Lebih Sistematis

Digitalisasi memungkinkan pekerjaan Anda lebih teratur, terutama pekerjaan yang berkaitan dengan arsip atau data-data penting. Perlu usaha ekstra untuk mengatur semuanya secara urut dan rapi.

Aktivitas tersebut juga butuh ketelitian karena tak boleh ada kesalahan sedikit pun. Dengan menerapkan digitalization, mengarsip, mencari data, menyortir, dan beragam aktivitas lainnya jauh lebih mudah.

Sudah Paham Tentang Digitalisasi?

Jadi, digitalization menghadirkan manfaat yang sangat penting bagi berbagai aspek kehidupan, khususnya di ranah bisnis. Penerapannya membuat pekerjaan Anda jauh lebih mudah, sistematis, dan berjalan sesuai rencana.

Baca selengkapnya: Strategi Pengembangan Koperasi Digital Lengkap dan Contohnya

You May Also Like

About the Author: PROPERTREE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *