4 Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta agar Tidak Terlilit Utang

4 Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta agar Tidak Terlilit Utang

Bagi karyawan dengan penghasilan relatif rendah, penting untuk memahami cara mengatur uang gaji 2 juta agar tidak sampai terjerat utang apalagi mengalami defisit finansial. Namun, apakah hal itu memungkinkan mengingat lonjakan harga barang di pasaran?

Jawabannya, tentu saja mungkin asalkan dengan disiplin keuangan yang tinggi. Ada beberapa metode yang bisa dipraktikkan agar nominal yang tampak kecil tersebut bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari – bahkan di kota metropolitan. Cari tahu di sini!

Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta

Penasaran bukan mengetahui cara jitu agar penghasilan bisa cukup dan tidak perlu sampai berhutang? Coba terapkan beberapa cara berikut ini:

1. Menetapkan Prioritas dan Menyusun Anggaran

Kunci utama mengatur pendapatan, yaitu bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan alias menetapkan prioritas. Berikut perbedaannya::

  1. Kebutuhan adalah hal-hal yang wajib terpenuhi dan bersifat rutin seperti uang makan transportasi, listrik, dan semacamnya.
  2. Keinginan, yaitu hal-hal sekunder yang bila tidak terpenuhi sekalipun tidak akan menjadi masalah besar seperti skincare dan make up.

Jika memungkinkan, sebelum mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan sekunder, pastikan selalu menyisihkan 20% dari gaji untuk dana darurat. Tidak bersifat wajib, namun lebih penting dari hal-hal di luar kebutuhan.

Pembagian persentase ideal untuk keuangan dengan penghasilan terbatas adalah 50% kebutuhan, 20% tabungan darurat, 30% keinginan.

2. Mencatat dan Memangkas Pengeluaran

Cara mengatur uang gaji 2 juta berikutnya adalah dengan memastikan semua pengeluaran tercatat secara detail. Bahkan untuk hal sepele, seperti uang parkir dan biaya administrasi top up dompet digital. 

Memiliki catatan pengeluaran yang detail akan memudahkan dalam melakukan evaluasi untuk menemukan dan menghentikan pemborosan dengan cepat. Ketika menyadari ada alokasi dana yang sifatnya tidak perlu, bisa langsung dipangkas.

3. Berbelanja Secara Pintar

Kecerdasan dalam berbelanja juga dapat membantu menyelamatkan dari pengeluaran berlebihan. Maksudnya, pandai-pandailah mencari dan memanfaatkan potongan harga alias diskon untuk membayar tagihan atau membeli barang.

4. Tepat Waktu dalam Membayar Tagihan

Denda dari tagihan pokok seperti listrik, air, dan KPR cukup tinggi. Keterlambatan pembayaran hingga mendapatkan denda akan menambah daftar pengeluaran yang sebenarnya bisa dihindari. Jadi, pastikan selalu membayar tagihan wajib sebelum jatuh tempo.

Manfaat Mengatur Keuangan dengan Baik

Ketika dapat mengatur uang gaji 2 juta dengan baik, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Terhindar dari Keinginan dan Keharusan Berhutang

Sebagaimana telah disebutkan, manfaat utama dari manajemen finansial yang bagus adalah tidak terjerat utang. Sebab, gaji yang ada sudah cukup untuk memenuhi semua kebutuhan sehingga tidak ada urgensi untuk mengajukan pinjaman.

2. Mencegah Defisit Keuangan

Kebangkrutan tidak hanya bisa dialami oleh sebuah badan usaha, perorangan pun bisa. Kemampuan dalam mengelola gaji dan pemasukan lain dapat mencegah terjadinya bencana tersebut.

3. Persiapan Masa Depan Bisa Lebih Matang

Keuangan terkendali akan membuat Anda bisa memiliki tabungan yang cukup dan menjadikan masa depan lebih mudah Anda persiapkan. Kemungkinan untuk menghabiskan masa tua dengan beban utang menumpuk dapat tercegah. Jadi, Anda bisa menikmati masa pensiun lebih tenang.

Gaji 2 Juta Cukup Asal Mampu Mengelola!

Banyak pekerja di Indonesia masih mendapatkan gaji relatif rendah. Namun, situasi tersebut tidak membenarkan untuk terjerat utang. Dengan mempraktikkan cara mengatur uang gaji 2 juta di atas, pemasukan dan pengeluaran dapat terkendali dengan baik. Potensi kebangkrutan finansial pun dapat Anda hindari.

Baca selengkapnya: Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun

You May Also Like

About the Author: PROPERTREE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *