Daftar Isi
Jika ingin terjun ke dunia bisnis, maka Kopers harus mengetahui peluang usaha dengan baik. Tahu nggak sih, sebenarnya apa yang dimaksud dengan peluang usaha itu? Ketahui jawabannya di artikel berikut ya!
Apa yang Dimaksud dengan Peluang Usaha?
Diketahui, peluang usaha terdiri dari dua kata yaitu peluang dan usaha. Peluang sendiri artinya kesempatan, sedangkan usaha merupakan upaya untuk mencapai tujuan.
Menurut UKM Indonesia, peluang usaha adalah kesempatan yang seseorang miliki untuk kemudian dimanfaatkan untuk memulai suatu bisnis. Ketika kesempatan tersebut menguntungkan, maka pelaku usaha harus memanfaatkannya sebaik mungkin.
Sementara pada umumnya, peluang usaha merupakan suatu kondisi di mana seseorang memiliki kesempatan untuk mencapai tujuan bisnisnya. Tujuan ini dapat seseorang manfaatkan melalui sumber daya yang ada.
Sumber daya ini meliputi berbagai hal yang bisa menunjang kegiatan usaha, seperti modal, pengetahuan, skill, pengalaman, relasi yang luas, dan lain sebagainya.
Manfaat Peluang Usaha
Pada dasarnya, adanya peluang usaha bisa memberikan berbagai manfaat untuk seorang individu. Seseorang yang mampu memaksimalkannya bisa memberikan dampak positif bagi dirinya sendiri.
Adapun manfaat peluang usaha yang akan dirasakan oleh orang tersebut, di antaranya meliputi enam poin berikut:
- Melatih kemandirian ketika berwirausaha.
- Mengasah potensi diri lebih baik lagi.
- Ikut partisipasi dalam menciptakan kesempatan kerja.
- Memiliki potensi menghasilkan profit yang tinggi.
- Mengembangkan relasi sosial yang lebih luas.
- Lebih kreatif dalam berwirausaha.
Ciri-Ciri Peluang Usaha
Di bawah ini merupakan ciri-ciri peluang usaha yang potensial bagi bisnis, yaitu seperti:
- Memiliki nilai jual.
- Tidak tergolong bisnis musiman.
- Bisa bertahan lama
- Keuntungan sangat menjanjikan.
- Memerlukan modal yang tidak besar.
- Inovasi lebih besar.
- Tersedianya sumber daya dan bahan baku.
- Dapat mengatasi risiko.
- Memiliki ide yang kreatif dan unik.
Cara Mengidentifikasi Peluang Usaha
Supaya lebih mudah mengidentifikasi usaha yang Kopers jalani, simak cara-caranya di bawah ini:
1. Mengetahui Kompetitor atau Pesaing
Cara untuk mengidentifikasi peluang usaha yang pertama adalah dengan mengetahui para kompetitor atau pesaing.
Misalnya bagaimana produk kompetitor bisa mengatasi permasalahan konsumen, serta apa saja kekurangan dan kelebihan yang dapat Kopers ketahui dari kompetitor.
2. Menggali Informasi
Cara yang dapat Kopers lakukan berikutnya yaitu menggali informasi sedalam-dalamnya melalui tren yang terjadi di masyarakat. Sehingga, nantinya Kopers akan mudah menemukan peluang usaha apa yang cocok dan layak Kopers coba.
3. Berasal dari Pengalaman Sendiri
Terakhir, cara mengidentifikasinya yakni berasal dari permasalahan diri sendiri yang belum menemukan solusinya.
Contohnya seperti, tidak adanya jasa cuci sepatu di tempat tinggal Kopers. Nah, dari hal tersebut, maka Kopers bisa memulai usaha dan mempromosikannya sebagai jawaban dari permasalahan yang juga bermanfaat bagi banyak orang.
Penyebab Gagalnya Peluang Usaha
Tak selalu berjalan mulus, ternyata inilah empat penyebab gagalnya usaha yang paling sering terjadi. Berikut pemaparannya:
1. Analisis yang Tidak Akurat
Tidak akuratnya analisis bisa menjadi penyebab utama kegagalan usaha. Pasalnya, sudah banyak modal dan tenaga yang teralokasikan, sehingga keakuratan analisis harus dibuat seakurat mungkin agar dapat mengantisipasi dinamika pasar yang tak menentu.
2. Sistem Manajemen yang Buruk
Sistem manajemen yang buruk akan menghasilkan pelayanan dan produk yang buruk juga. Oleh sebab itu, Kopers perlu memperhatikan bagaimana proses produksi, distribusi, hingga proses lain yang karyawan lakukan sebaik mungkin.
3. Kurang Uletnya Sikap Seorang Pengusaha
Potensialnya peluang usaha sebenarnya dapat terlihat dari sikap seorang pengusaha yang ulet. Hal ini karena seorang pengusaha wajib memiliki sikap keuletan untuk menghadapi konsumen dan kompleksnya berbagai persaingan bisnis.
4. Terjadinya Perubahan Kondisi Sosial Ekonomi
Penyebab terakhir yang tak bisa dikesampingkan yaitu berasal dari perubahan kondisi sosial ekonomi yang dapat mempengaruhi perilaku para konsumennya.
Sebagai contoh, ketika Covid-19 melanda Indonesia, banyak sekali tempat usaha yang gulung tikar hingga terpaksa tutup karena hilangnya konsumen tiba-tiba secara drastis.
Demikianlah penjelasan seputar peluang usaha. Jadi, setelah membaca artikel di atas, Kopers sudah tahukan apa yang dimaksud dengan peluang usaha?
Apabila Kopers tertarik untuk membaca aritikel lain seputar usaha dalam skala nasional, segera kunjungi blog Koperasi Digital Propertree sekarang juga dan temukan wawasan yang lebih luas!
Baca Selengkapnya: 5 Cara Menciptakan Peluang Usaha di Desa untuk Pemula
Penulis: Dhea Alvionita